Personel Brimob Polda Jateng melayani masyarakat terdampak banjir di dapur lapangan, Selasa (03/01/2022).
Sumber :
  • Tim tvOne - Didiet Cordiaz

Bantu Korban Banjir, Satbrimob Polda Jateng Gelar Dapur Lapangan di Kaligawe Semarang

Selasa, 3 Januari 2023 - 21:46 WIB

Semarang, Jawa Tengah – Satbrimob Polda Jateng mendirikan Dapur Lapangan untuk warga yang terdampak banjir di wilayah Kaligawe, Gayamsari, Kota Semarang, Selasa (03/01/2022). Ini dilakukan untuk membantu warga, yang kesulitan mendapatkan makanan dan minuman, karena banjir di wilayah kaligawe dan sekitarnya belum surut.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi juga meninjau dapur umum dan pos kesehatan yang dioperasikan personil Sat Brimobda dan Biddokkes Polda Jateng ini. Luthfi mengaku pihaknya dan pemerintah daerah akan terus berkoordinasi untuk memberikan bantuan secara maksimal bagi warga terdampak banjir.

"Kita dirikan Posko di Kaligawe ini untuk membantu memenuhi kebutuhan makan dan minum bagi masyarakat. Kita dirikan Dapur lapangan yang diawaki oleh personel Brimob. Dapur ini mampu menghasilkan 500 porsi makanan sekali masak." tutur Kapolda Jateng Irjen Pol. Ahmad Luthfi ketika ditemui di lokasi.

"Sudah kita perhatikan juga terkait bantuan, dapur umum, dan sebagainya. Saya sudah perintahkan ke jajaran untuk memenuhi kebutuhan logistik dan makanan masyarakat selama berada di pengungsian," terangnya.

Foto: Personel Brimob Polda Jateng melayani masyarakat terdampak banjir di dapur lapangan, Selasa (03/01/2022) (Didiet Cordiaz).

Kapolda juga mengungkap, pihaknya juga mengerahkan personel untuk melaksanakan patroli di lingkungan perumahan warga. Hal ini untuk mengamankan harta benda milik warga setelah mereka dievakuasi ke tempat pengungsian.

"Pelaksanaan patroli pemukiman dilakukan anggota Polrestabes, Polsek dan Ditpolairud dengan menggunakan perahu karet, dibantu juga oleh para relawan," bebernya.

Berdasar pantauan Selasa siang tadi, Kapolda mengklaim sejumlah lokasi banjir mulai Simpang Genuk hingga ujung Tol Kaligawe, genangan air juga telah mulai surut. Kendaraan ukuran besar dan sedang sudah bisa melintas meski dengan kecepatan terbatas.

"Banjir di jalan pantura sudah mulai surut. Semoga perkembangan ini terus membaik sehingga lalu lintas bisa segera normal," imbuhnya.

Sementara itu, Komandan Satuan Brimob Polda Jateng Kombes Pol. Yopie Sepang juga mengatakan, pihaknya mengerahkan setidaknya 30 personel Brimob di Kaligawe untuk menyiapkan makanan.

Tidak hanya makanan, Brimob juga menyiapkan mobil Water treatment untuk memenuhi kebutuhan air minum bagi warga. "Jadi bukan hanya makanan. Kita juga menyiapkan mobil water treatment. Yang mampu merubah air kotor menjadi air siap minum," tutur Kombes Pol. Yopie Sepang.(Dcz/Buz)

 
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral