Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berdialog dengan kepala desa dalam Rapat koordinasi percepatan kemiskinan di Balai Desa Mlilir, Kecamatan Gubug, Grobogan, Rabu (25/1/2023).
Sumber :
  • tim tvone/Slamet Prayitno

Turunkan Angka Kemiskinan, Ganjar Ajak Kades di Grobogan Menerapkan Strategi Micro Targeting

Kamis, 26 Januari 2023 - 00:31 WIB

Jawa Tengah, tvOnenews.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo  mengajak kepala desa untuk menerapkan strategi "micro targeting" dengan mendata secara langsung warga miskin kemudian diintervensi dengan program  penurunan kemiskinan yang bersumber dari dana APBD, CSR serta filantropi. 

Hal itu disampaikan Ganjar  saat memimpin langsung upaya penurunan kemiskinan ekstrem  bersama Bupati Grobogan Sri Sumarni  dan kepala OPD Beserta kepala desa, dihadiri pula Bupati Demak Eisti'anah dan jajaranya di Balai Desa Mlilir, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan, Rabu (25/1/2023). 


Berdasarkan pemetaan yang telah dilakukan, terdapat 923 desa yang tersebar dalam 5 kabupaten yakni Brebes, Pemalang, Grobogan, Demak dan Wonogiri masuk dalam zona kemiskinan. 

Oleh karenanya, ia mengajak para kades memiliki pusat data warga yang benar-benar membutuhkan penanganan. 

"Kita berikan waktu seminggu kepada para kades untuk mendata jumlah warga miskin ekstrem, hamil, hamil dengan risiko tinggi di wilayahnya masing-masing," ujarnya.

Ia juga akan bereskan sampai level mikro yakni di desa. Kades diminta untuk mendata, camat sebagi supervisi dan akan dikompilasi di kabupaten. 

Selain program reguler seperti pembenahan rumah jadi layak huni, Ganjar juga mendorong perusahaan berperan menyerap tenaga dari warga golongan miskin. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
Viral