lahar Semeru susulan menerjang, jalur tol Cikali Ditutup.
Sumber :
  • tim tvone - wawan sugiarto

Lahar Semeru Susulan di Lumajang Menerjang, Jalur Tol Cikali Kembali Ditutup Total

Minggu, 12 Februari 2023 - 21:52 WIB

Lumajang, Jawa Timur - Setelah sempat dibuka selama 15 menit, jalur penyebrangan Curah Kobokan atau Tol Cikali, akhirnya kembali ditutup total akibat banjir lahar hujan Gunung Semeru yang kembali datang, Minggu (12/2). 

Pantauan tim tvonenews.com di lokasi, penutupan ini dilakukan pada pukul 15.15 Wib, beberapa menit sebelum aliran lahar Semeru datang.

"Demi keselamatan warga, kita putuskan menutup kembali jalur perlintasan Tol Cikali pada pukul 15.15 wib. Penutupan ini dari dari kedua arah, baik Malang maupun Lumajang," kata koordinator Pos Pantau Curah Kobokan Sugiono, Minggu (12/2).

Sekitar pukul 15.20 Wib, terpantau dari sisi utara aliran banjir lahar Gunung Semeru susulan disertai letusan sekunder telah datang di aliran Besuk Kobokan.

"Banjir susulannya lebih besar dari sebelumnya. Informasi yang kami terima dari pos pantau Gunung Semeru, getaran telah mencapai amak 35 mm. Jadi kita juga galau warga dan pengendara agar menjauh dari tepian sungai besuk Lanang, takut aliran lahar meluap," imbuhnya.

Banjir lahar Semeru susulan yang terjadi kali ini, tergolong paling besar dibandingkan dengan sebelumnya. Sebab, banjir lahar kali ini juga menghanyutkan endapan material vulkanik berupa pasir, lumpur dan batu berukuran besar sisa Awan Panas Guguran (APG) yang terjadi Minggu (5/2) pekan kemarin.

"Dibandingkan dengan sebelumnya, lahar kali ini tergolong cukup besar karena juga menghanyutkan material vulkanik sisa APG, " jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
08:21
03:43
06:21
13:18
01:24
Viral