pecinta satwa gelar kontes burung berkicau.
Sumber :
  • tim tvone - agus wibowo

Lestarikan dari Kepunahan, Pecinta Satwa di Pacitan Gelar Kontes Burung Berkicau

Senin, 20 Februari 2023 - 17:52 WIB

Pacitan, Jawa Timur - Ratusan pencinta satwa ramaikan kontes burung berkicau yang digelar di Pasar Burung Gerdon, Kelurahan Pucangsewu Kecamatan/ Kabupaten Pacitan. Para pemilik burung semangat menyaksikan hewan peliharaan kesayangannya berlaga di kontes kali ini. Berbagai cara dilakukan agar burung andalannya berkicau indah dan tentunya masuk dalam nominasi.

Kontes yang diprakarsai Tanlun Paguyuban Burung Pacitan ini digelar dalam rangka melestarikan satwa burung dari ancaman kepunahan habitat. Sekaligus memberikan motivasi kepada pencinta satwa agar dapat mengembangkan burung berkicau di berbagai daerah utamanya di Pacitan.

Zulham Affendi, Ketua Panitia Kontes Burung Kicau ini menyebutkan, mereka datang dari sejumlah kota, seperti Ngawi, Madiun, Ponorogo, Trenggalek hingga Yogyakarta, Wonosari, Wonogiri, Jawa Tengah. Tujuan kontes ini sebagai sarana membina pencinta burung kicau agar mereka lebih semangat dan termotifasi mengembangkan satwa burung berkicau tersebut. 

"Alam Pacitan ini banyak sekali satwa yang harus dilestarikan. Di Pacitan punya habitat burung (Anis Merah) yang kini belum bisa ditangkar. Satwa burung asal Pacitan ini sudah hampir punah. Kontes inilah yang nantinya menjadi motivasi bagi para pecinta burung kicau untuk tetap menjaga habitat dan melestarikannya," jelasnya.

Widyawati, salah seorang peserta kontes asal Yogjakarta ini menambahkan dirinya sudah kerab kali mengikuti event kontes burung kicau di berbagai daerah, meski belum menuai hasil memuaskan. Setidaknya sudah turut serta menjadi bagian pelestari satwa burung.

"Satwa burung menjadi kegemaran sejak beberapa tahun lalu. Meski belum mendapatkan hasil yang memuaskan, setidaknya saya merasa bangga menjadi salah satu bagian dari pecinta satwa burung kicau dengan berkontribusi demi kelestarian habitatnya," imbuhnya.

Keseruan kontes burung berkicau yang diikuti sekitar 700 burung kicau ini terbagi dari 24 kelas dan kriteria, meliputi Anis Merah, Murai Batu, Cucak Ijo, Kenari, Pleci, Kacer dan jenis burung kicau lainnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral