jelang Ramadhan, harga cabai rawit meroket.
Sumber :
  • tim tvone - wawan sugiarto

Dua Pekan Jelang Ramadhan, Harga Cabai Rawit di Lumajang Meroket, Tembus Rp100 Ribu Per Kilogram

Kamis, 9 Maret 2023 - 14:41 WIB

Lumajang, tvOnenews.com – Harga sejumlah kebutuhan pangan terutama sayur mayur, terus merangkan naik menjelang datangnya bulan Ramadhan dalam dua pekan mendatang. Pantauan tim tvonenews.com di lapangan, kenaikan harga untuk komoditi jenis sayuran berupa bawang merah, bawang putih, tomat, kentang, cabai merah, cabai hijau dan cabai rawit, seperti yang terjadi di Pasar Baru Pasirian Lumajang, Kamis (9/3). 

Riati, salah satu pedagang mengatakan jika kenaikan harga sejumlah bahan pangan terjadi sejak sepekan terakhir. Rata-rata kenaikan harga dikisaran Rp2 ribu hingga Rp10 ribu/kilogram. Namun kenaikan harga yang cukup fantastis terjadi pada harga cabai rawit yang saat ini telah menembus harga Rp100 ribu per kilogram dari harga sepekan yang lalu hanya Rp60 ribu per kilogram.

“Semua harga sayuran naik sejak sepekan terakhir, yang paling tinggi harga cabai rawit naik menjadi 100 ribu perkilonya. Padahal seminggu sebelumnya hanya 60 ribu per kilonya,” kata Riati saat ditemui di lapaknya, Kamis (9/3).

Menurut Riati, meroketnya harga cabai rawit ini dipicu semakin berkurangnya pasokan dari agen, akibat di sejumlah daerah pemasok sedang terjadi cuaca buruk, sehingga banyak petani mengalami gagal panen.

“Pasokan dari agen memang berkurang dan harga juga naik, mau ndak mau pedagang juga ikut menyesuaikan harganya. Banyak petani gagal panen itu yang menjadi faktor penyebabnya,” jelasnya.

Selain harga cabai rawut yang naik tajam, harga bawang merah dan bawang putih juga mengalami kenaikan hingga Rp10 ribu per kilogram. Saat ini, harganya mencapai Rp35 ribu per kilogram dari harga awal sebesar Rp25 ribu per kilogram.

Sedangkan untuk harga tomat dan kentang, masing-masing mengalami kenaikan Rp 2 ribu per kilogram. Harga tomat saat ini mencapai Rp10 ribu per kilogram, sedangkan kentang naik menjadi Rp14 ribu kilogram.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral