komplikasi penyakit leptospirosis bisa fatal.
Sumber :
  • Tim tvone - agus wibowo

Populasi Tikus di Pacitan Meningkat, Komplikasi Penyakit Leptospirosis bisa Fatal

Minggu, 12 Maret 2023 - 17:08 WIB

Pacitan, tvOnenews.com - Berbagai penyakit terus bermunculan, seiring meningkatnya populasi tikus di Pacitan. Leptospirosis yang tengah merebak sekarang ini bahkan tidak boleh disepelekan karena bisa berakibat fatal.

Sejak ditemukan kasus kematian diare yang diperberat oleh Leptospirosis di wilayah Puskesmas Sukorejo, Kecamatan Sudimoro, Dinas Kesehatan berupaya menyelesaikan sumber permasalahan. Mulai dari pola hidup bersih dan sehat di masyarakat, memantau standar mutu sumber air, serta memastikan sumber bakteri Leptospirosis ada dari tikus.

"Dilakukan penangkapan tikus melalui metode trapping. Tujuan penangkapan tikus melalui metode itu untuk mendapatkan sampel ginjal tikus untuk diperiksa di BBTKL-PP," jelas drg Nur Farida, P2P Dinkes Pacitan.

Drg Nur Farida menambahkan setelah mendapatkan hasil trapping diketahui bahwa *succes trap* mencapai di atas 10%. Dengan hasil di atas 10% melebihi standar otomatis menandakan populasi tikus di Pacitan cukup tinggi.

" Sesuai petunjuk Permenkes Nomer 5 tahun 2017 tentang Standar baku mutu kesehatan lingkungan dan persyaratan kesehatan untuk vektor dan binatang pembawa penyakit serta pengendaliannya. Di ketahui bahwa *succes trap* adalah <1 %," Imbuhnya.

Metode trapping selanjutnya bukan hanya untuk pengambilan sampel, sekaligus untuk penangkapan tikus untuk pengendalian populasi tikus demi penurunan kasus leptospirosis.

Leptospirosis adalah salah satu penyakit yang ditularkan melalui air kencing tikus. Penyakit ini bisa terjadi karena bakteri Leptospira yang hidup di urin tikus masuk ke dalam tubuh melalui kulit lecet dan selaput lendir.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:18
01:54
01:26
01:52
03:14
02:13
Viral