Mahasiswa Amerika Serikat Intip UMKM Indonesia dan Belajar Membatik di Jombang.
Sumber :
  • tvOne - umar sanusi

Mahasiswa Amerika Serikat Intip UMKM Indonesia dan Belajar Membatik di Jombang

Rabu, 15 Maret 2023 - 17:23 WIB

Jombang, tvOnenews.com - Galeri Pesona Batik Jombang milik Nunuk Rachmawati yang berlokasi di Jalan Jambu, Kecamatan Jombang, kedatangan tamu spesial pada Selasa (14/3).

Tamu spesial tersebut adalah mahasiswa dari University Southern California Amarika Serikat. Ada empat mahasiswa yang berasal dari tiga negara berbeda yakni Singapura, Vietnam, dan Amerika Serikat. Ke empat mahasiswa ini juga didampingi seorang dosen pembimbing dari Amerika Serikat.

Kedatangan empat mahasiswa asing ini bertujuan untuk melakukan riset tentang perkembangan UMKM yang ada di Indonesia. Salah satunya, Galery Pesona Batik. Dalam kunjungan ini, mereka mendapat penjelasan mengenai perkembangan batik dan diberi pemahaman tentang sejarah serta makna dari batik khas Jombang.

Usai melihat dan memahami jenis batik yang ada di galeri. Ke empat mahasiswa mancanegara itu juga belajar membatik mulai dari mencanting, menyolet, hingga tahap mewarnai dengan penuh semangat sekalipun sempat terkena pewarna batik.

Kegiatan ini merupakan studi banding Global Applied Research University of Southern California (USC) yang bekerjasama dengan OK OCE Indonesia dan OK OCE INA Makmur.

Joko Dwitanto Ketua Umum OK OCE INA Makmur menerangkan bahwa kegiatan ini merupakan penelitian terapan dari kampus USC. USC ingin mengetahui bagaimana kendala yang dialami oleh pelaku UMKM di Indonesia terutama UMKM yang berada di bawah naungan OK OCE.

"Dari hasil penelitian ini, mereka akan menganalisis dan mencarikan solusi. Nantinya bisa menjadi pertimbangan sebagai upaya perbaikan perkembangan UMKM yang ada di Indonesia," kata Joko Dwitanto.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral