Pakaian bekas Impor 824 Bal yang akan dimusnahkan di Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (20/3/2023)..
Sumber :
  • tim tvone/Khumaidi

824 Bal Pakaian Bekas Impor Dimusnahkan di Sidoarjo, Kerugian Negara Capai Rp10 Miliar

Senin, 20 Maret 2023 - 12:29 WIB

Sidoarjo, tvonenews.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan memusnahkan pakaian bekas impor sebanyak 824 bal senilai Rp 10 miliar di pergudangan Jaya Park, Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (20/3/23). 

"Ini komitmen dari kita, Kemendag, dalam pengawasan dan penegakkan hukum di bidang perdagangan, perlindungan konsumen serta industri tekstil dalam negeri," kata Zulkifli.

Barang bukti yang dibakar ini merupakan hasil temuan program pengawasan Kementerian Perdagangan (Kemendag) wilayah Jawa Timur.

Mendag menjelaskan, pakaian bekas merupakan barang yang dilarang impor berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 40 tahun 2022. 

"Impor itu yang bekas bekas tidak boleh, kecuali yang diatur misalnya pesawat terbang, itu kita perlu, kalau baru mahal, kita impor bekas boleh. Secara umum barang bekas tidak boleh, termasuk pakaian, sepatu, motor kalau bekas itu tidak boleh," tuturnya.

Menurutnya, impor pakaian bekas dilarang karena termasuk barang ilegal. Oleh sebab itu barang ilegal harus dimusnahkan. Jika tidak dimusnahkan, akan banyak barang-barang lainnya yang masuk ke dalam negeri secara ilegal. Kondisi ini bisa merusak UMKM dan industri dalam negeri.

"Dagang barang bekas boleh tidak? Boleh kalau itu tidak impor. Kan banyak pedagang-pedagang di pasar loak jual barang bekas tetapi tidak impor dan tidak ilegal," pungkasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:13
02:42
07:20
11:14
04:24
04:36
Viral