alat berat terseret lahar dingin Gunung Semeru.
Sumber :
  • tim tvone - wawan sugiarto

Alat Berat Terseret Lahar Dingin Gunung Semeru Sejauh 500 Meter

Sabtu, 25 Maret 2023 - 12:11 WIB

Lumajang, tvOnenews.com - Sebuah alat berat milik penambang pasir menjadi korban ganasnya terjangan banjir lahar dingin Gunung Semeru. Derasnya aliran lahar bercampur material vulkanik berupa pasir, lumpur dan bebatuan cukup besar, menghempaskan alat berat yang sedang terparkir di sisi selatan aliran Sungai Leprak, di Dusun Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro.

"Kemarin siang banjir memang lumayan besar dan datang secara mendadak. Saat kejadian, di lokasi ada satu truk dan alat berat yang diparkir. Sopir dan operator sedang sholat Jumat," kata Sungging, salah satu operator saat ditemui lokasi, Sabtu (25/3).

Sungging menambahkan truk sempat diterjang lahar, bisa dievakuasi, sementara alat berat yang diketahui milik Ngatiman, akhirnya terguling dan terseret sejauj 500 meter.

"Saking besarnya lahar, alat beratnya langsung terguling dan terseret hingga 500 meter. Kondisi kerusakannya lumayan parah. Ini banjir terbesar selama saya kerja disini," jelasnya.

Kini, dengan menggunakan alat berat lainnya, bangkai alat berat sedang diupayakan secepatnya untuk dievakuasi, mengantisipasi terjadinya lahar susulan.

"Ini masih diupayakan dievakuasi, mudah-mudahan tidak terjadi lahar susulan. Alhamdulillah tidak ada korban," pungkasnya. (wso/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral