Atur Penataan Jaringan Kabel Utilitas agar Tak Semrawut, Pemkot Surabaya Siapkan BUMD.
Sumber :
  • antara

Atur Penataan Jaringan Kabel Utilitas agar Tak Semrawut, Pemkot Surabaya Siapkan BUMD

Rabu, 29 Maret 2023 - 10:03 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Permasalahan jaringan kabel utilitas yang semrawut dan bahkan tidak terawat menjadi masalah yang serius. Untuk itu, Pemerintah Kota Surabaya menyiapkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk mengatur jaringan kabel utilitas lewat ducting.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Surabaya M. Fikser di Surabaya, mengatakan perencanaan penataan sarana utilitas lewat ducting atau penyaluran pipa secara bersama sudah di rencanakan sedari lama oleh Pemerintah Kota Surabaya.

"Namun hal itu tidak bisa dikerjakan langsung oleh pemkot, melainkan oleh pihak ketiga," katanya, Rabu (29/3).

Menanggapi hal tersebut, saat ini Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Pemkot Surabaya sedang menyiapkan infrastruktur, salah satunya dengan cara pembentukan BUMD yang saat ini sedang berproses di Kementerian Dalam Negeri.

"Ketika BUMD ini terbentuk maka ada unsur aneka usaha, yang di antaranya adalah ducting itu," ujarnya.

Penataan jaringan kabel utilitas yang saat ini sudah dilakukan, yaitu lewat penertiban yang dilakukan Tim Koordinasi Pembangunan Jaringan Utilitas (KPJU). KPJU diketuai Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga sedangkan Diskominfo sebagai anggota.

"Setiap Kamis, kami melakukan penertiban terhadap jaringan utilitas di wilayah Surabaya. Hal ini diatur dalam Perwali Nomor 49 Tahun 2015," katanya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
Viral