Alami Erupsi, Gunung Semeru Muntahkan Guguran Lava Sejauh 1.500 Meter ke Arah Curah Kobokan.
Sumber :
  • tvOne - wawan sugiarto

Alami Erupsi, Gunung Semeru Muntahkan Guguran Lava Sejauh 1.500 Meter ke Arah Curah Kobokan

Minggu, 9 April 2023 - 11:48 WIB

Lumajang, tvOnenews.com – Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, yang hingga saat ini masih berstatus siaga atau level 3, kembali terpantau mengalami erupsi dengan memunthkan guguran lava, pada Sabtu (9/4) pagi.

Sesuai laporan petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Semeru, tercatat guguran lava Gunung Semeru terjadi sekitar pukul 07:40 WIB, dengan durasi selama 81 detik, mengarah ke sisi tenggara bukaan kawah atau Besuk Kobokan.

“Guguran terjadi dengan amplitudo maksimal 3 milimeter, jarak luncur kurang lebih 1.500 meter dan durasi selama 81 detik,” kata Yadi Yuliandi saat ditemui di pos PPGA Semeru, Sabtu (9/4).

Terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lumajang, Patria Dwi Hastiadi mengingatkan warga agar selalu waspada dan berhati-hati, terhadap kemungkinan terjadinya awan panas guguran (APG) yang sewaktu-waktu terjadi.

“Sesuai laporan dari pos PPGA Semeru, saat ini secara visual teramati adanya tumpukan material lava baru membentuk lidah lava disepanjang kawah yg mengarah ke Besuk Kobokan dengan jarak kurang lebih 2000 meter dari kawah,” ujar Patria.

“Hal ini perlu menjadikan perhatian bagi masyarakat yang beraktifitas disepanjang DAS (Daerah Aliran Sungai) diantaranya besuk kobokan, besuk kembar dan besuk bang karena potensi APG sewaktu waktu dapat terjadi,” imbuhnya.

“Untuk itu, warga agar selalu meningkatkan kewaspadaan yg tinggi terhadap kemungkinan terjadinya bahaya tersebut diatas, agar selalu berkoordinasi dengan PVMBG Badan Geologi untuk mengikuti perkembangan aktifitas Gunungapi Semeru,” pungkas Patria. (wso/gol)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral