Bangunan Wakaf dari Ibunda Siti Aisyah.
Sumber :
  • syamsul huda

Kegemeran Sedekah Siti Aisyah Terinspirasi dari Ibunya yang Juga Wakafkan Hotel di Surabaya untuk Yayasan

Kamis, 11 Mei 2023 - 12:07 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Kegemaran bersedekah harta, ternyata tak hanya dilalukan oleh Siti Aisyah, yang mewakafkan sebagian besar hartanya. Rupanya kegemaran bersedekah Siti Aisyah ini, diilhami oleh sang ibu, yang juga memiliki kebiasaan yang sama.

Ibu Pancar, yang merupakan orang tua kandung Siti Aisyah juga pernah mewakafkan sebuah hotel seluas kurang lebih 3000 meter persegi yang berlokasi di tengah kota Surabaya, tepatnya di Jalan Pandegiling Surabaya.

Hotel tersebut diwakafkan kepada Yayasan Khodiijah pada tahun 2007, yang saat itu, diketuai oleh Khofifah Indar Parawansa, yang kini menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur. Wakaf ini diniatkan untuk pengembangan pendidikan Yayasan Khodijah.

"Jadi di Pandegiling itu dulu ada yang namanya hotel Pancar, miliknya Ibu Pancar, otang tua dari ibu Siti Aisyah itu, lha yang mewakafkan itu orang tuanya itu. Pada waktu itu ketua umum yayasan itu ibu Khofifah," terang Suwito, Ketua II Yayasan Khadijah.

Gedung bekas hotel berlantai dua ini, akhirnya dimanfaatkan oleh Yayasan Khadijah sebagai sarana pendidikan TK dan SD Khadijah, dengan memanfaatkan ruang bekas kamar hotel sebagai ruang kelas.

"Setelah proses wakaf selesai, gedung bekas hotel tersebut, dimanfaatkan untuk pengembangan sekolah, yakni untuk TK dan SD Khadijah, dengan memanfaat ruang kamar hotel, karena memang masih keterbatasan anggaran untuk melakukan renovasi saat itu," tambahnya.

Sementara itu, setelah digunakan sebagai sarana belajar, saat itu, siswa yang bersekolah juga hanya sedikit, sementara biaya operasional cukup tinggi, Siti Aisyah, anak dari Ibu Pancar, yang saat itu masih menjalankan bisnis kuliner pecel pincuk Surabaya yang berlokasi di Jalan Jemursari Surabaya, sebelum resto itu juga diwakafkan, hampir setiap hari mengirim makanan, untuk meringankan biaya operasional sekolah.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral