Anak-anak membaca buku di Kampung Bahari Nusantara.
Sumber :
  • dimas farik

Wisata Kampung Bahari Hutan Mangrove di Bangkalan, Madura, Sarana Belajar Alam untuk Para Siswa

Selasa, 16 Mei 2023 - 08:23 WIB

Bangkalan, tvOnenews. com - Sejumlah siswa sekolah dasar di Bangkalan, Madura, mendatangi perpustakaan di Wisata Mangrove di Pantai Desa Labuhan, Kecamatan Sepulu, Kabupaten Bangkalan.

Para siswa yang memakai seragam warna putih dan merah itu, langsung memilih sejumlah jenis buku bacaan kesukaannya. Lalu, para siswa kemudian, belajar di alam bebas sambil menikmati suasana keindahan alam di hutan mangrove di tepi pantai dan dapat pengetahuan baru dengan nuansa yang berbeda.

Hutan mangrove yang baru diresmikan oleh TNI Angkatan Laut dengan nama Kampung Bahari Nusantara, sangat layak dan nyaman untuk dijadikan edukasi kepada masyakarat, terlebih kepada siswa penerus bangsa. Di Wisata Mangrove, siswa juga belajar dengan melihat pemandangan alam sekitar.

"Tadi kami sudah meresmikan, Kampung Bahari Nusantara. Disini sangat bagus, sambil belajar, sambil melihat penandangan. Jadi tidak selalu belajar di rumah," lata Letkol laut (P) Imam Ibnu Hajar, Danlanal Batu Poron Bangkalan, Madura. (15/5)

Lanjutnya, Letkol laut (P) Imam Ibnu Hajar mengatakan, di era digital, di mana anak-anak sudah mulai bergantung pada gadget. Menurutnya, dengan kegiatan belajar mengajar dilaksanakan di suasana alam terbuka, mata pelajaran lebih mudah dimengerti oleh siswa.

"Selain itu, anak-anak kita ketergantungan selalu pada gadget. Gadget yang sekarang bermanfaat, namun memiliki nilai positif bisa juga negatif, tapi dengan suasan alam, kita kembali pada alam, kegiatan belajar mengajar Insyaallah tentu lebih bisa masuk untuk masa depannya, untuk membangun negeri ini yang maju dan tentram dengan ilmu pengetahuan yang luas," tuturnya.

Di Wisata Kampung Bahari Nusantara juga dilengkapi dengan rumah pintar yang berisi buku-buku pelajaran maupun buku pengetahuan lainnya yang sangat diperlukan oleh siswa. (fds/far)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral