Pembuatan minuman bubuk daun kelor.
Sumber :
  • umar sanusi

Bubuk Minuman Instan Daun Kelor Asal Jombang Banyak Dipesan Calon Haji

Selasa, 30 Mei 2023 - 18:45 WIB

Jombang, tvOnenews.com - Bubuk minuman instan daun kelor, ternyata diminati para calon jemaah haji. Sehingga seorang warga Jombang, produsen minuman yang diklaim banyak manfaat tersebut, terus gencar memproduksi, agar calon jemaah haji yang memesan tidak kehabisan stok.

Produsen minuman instan itu bernama Sadjarno Widodo (54), yang akrab dipanggil Nono, warga Jalan KH Hasyim Asy'ari Gang Buntu, Dusun Geneng. Desa Jombatan, Kecamatan Jombang Kota. Bubuk minuman instan daun kelor, telah diproduksi Nono sejak tiga tahun silam. Sejak awal produksi pesanan terus mengalir, karena minuman daun kelor yang berupa bubuk instan jarang ditemui di pasar. Terlebih pada musim haji, permintaan naik tajam.

"Musim haji tahun lalu produksi minuman instan ini naik sampai 300 persen. Karena untuk menambah stamina jemaah haji ketika berada di Arab Saudi. Bubuk instan ini bisa diminum kapan saja tinggal seduh dengan air, bisa air panas bisa air dingin, langsung diminum," jelas Nono, Selasa (30/5).  

Harga bubuk minuman instan ini cukup murah, Rp10 ribu per bungkus kemasan satu ons. Para calon jemaah haji membeli cukup banyak agar tidak kehabisan hingga pulang.

"Karena pada saat cuaca panas seperti saat ini, minuman yang mengandung vitamin C dosis tinggi daun kelor ini, sangat bagus sebagai antioksidan. Apalagi memasuki musim haji dengan cuaca yang sangat panas di Arab Saudi, minuman daun kelor ini menjadi kebutuhan," kata Nono.

Meskipun permintaan tinggi, namun usaha rumahan ini tidak mempekerjakan banyak tenaga kerja, dengan alasan mengurangi tingginya harga jual. Sehingga hanya dikerjakan Nono sekeluarga.

Pembuatan bubuk minuman instan daun kelor ini sebenarnya tidak sulit. Namun memerlukan bimbingan dari yang ahli, sebab sering terjadi dalam proses pembuatannya, gagal menjadi bubuk.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:18
01:54
01:26
01:52
03:14
02:13
Viral