Umat Buddhis Surabaya Utara Pusatkan Puja Tri Suci Waisak di Vihara Mahavira.
Sumber :
  • tvOne - zainal azkhari

Khidmat, Umat Buddhis Surabaya Utara Pusatkan Puja Tri Suci Waisak di Vihara Mahavira

Minggu, 4 Juni 2023 - 13:44 WIB

Surabaya, tvOnenews.com – Perayaan Tri Suci Waisak 2567 BE 2023 dilakukan dengan khidmat oleh umat Buddha di Vihara Mahavira yang berada di Kelurahan Alun-alun Contong, Kecamatan Bubutan, Surabaya didatangi ratusan jemaat, Minggu (4/6). 

Keramaian di wihara terlihat sejak pagi. Banyak yang datang dengan membawa kendaraan roda empat. Mereka berasal dari sejumlah wilayah kecamatan di Kota Pahlawan khususnya Surabaya Utara.

Prosesi pradaksina membuka ibadat puncak yang diikuti sekitar 500 umat. Mereka membentuk dua baris untuk mengelilingi wihara sebanyak tiga kali.

Aktivitas peribadatan dimulai sekitar 10.00 WIB. Peribadatan diawali dengan mengucapkan pemujaan di altar utama, lalu ke bodisatva dan dewa-dewa pelindung. Umat mengelilingi semua altar dengan ditemani alunan doa.

Suhu Chuan Hui merapal doa berulang-ulang. Ada sejumlah harapan untuk masa depan seluruh masyarakat Indonesia. Suhu mendoakan seluruh umat diselimuti kedamaian.

Persembahan dibawa umat selama prosesi pradaksina. Persembahan tersebut berupa buah-buahan, bunga-bungaan, lilin, dan setangkai sedap malam.

“Prosesi itu sebagai bentuk penghormatan kami bagi Buddha,’’ ucap Citta salah seorang jemaat.

Dalam momen Trisuci Waisak, umat Buddha merayakan tiga peristiwa penting, yaitu kelahiran Sidharta Gautama, tercapainya penerangan agung oleh Pangeran Sidharta hingga kemudian menjadi Buddha, dan wafatnya Buddha Gautama.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral