Dua Alat Berat Diterjang Banjir Lahar Hujan Gunung Semeru.
Sumber :
  • tim tvone - wawan sugiarto

Dua Alat Berat Diterjang Banjir Lahar Hujan Gunung Semeru, Begini Kondisinya

Rabu, 7 Juni 2023 - 09:12 WIB

Lumajang, tvOnennews.com - Hujan lebat yang tak kunjung reda selama berjam-jam, mengakibatkan Gunung Semeru memuntahkan banjir lahar hujan dan menerjang aliran Sungai Leprak, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang.

Derasnya aliran lahar hujan yang menerjang ini, mengakibatkan dua unit alat berat milik penambang terguling dan terkubur material vulkanik di tengah aliran Sungai Leprak, Rabu (7/6). 

Menurut Sigit, salah satu warga yang ada di lokasi kejadian, jika sehari sebelumnya pihak pengelola tambang telah diperingatkan agar segera memindahkan alat berat ke lokasi yang lebih tinggi, karena sedang terjadi hujan di sekitar Gunung Semeru.

“Selasa sore (6/6) kemarin sudah saya ingatkan agar alat berat ini segera dipindahkan. Sebab, hujan lebat sedang terjadi di sekitar Gunung Semeru selama beberapa jam dan khawatir ada lahar,” kata Sigit kepada tvOnenews.com, Rabu (7/6).

“Laharnya datang sekitar jam 7 malam, habis Isya’. Derasnya aliran lahar ini mengikis tebing yang di atasnya sedang terparkir dua alat berat. Alat beratnya langsung terguling ke sungai, namun tidak sampai terseret,” sambungnya.

Pantauan tim tvOnenews.com di lokasi, kondisi alat berat masih terguling dengan sebagian badannya terkubur material vulkanik berupa pasir dan batu. Sejumlah karyawan tambang, hanya bisa menyaksikan kondisi kedua alat berat yang seharusnya hari ini akan dioperasikan kembali usai dilakukan perbaikan.

“Sebenarnya hari ini mau dioperasikan kembali setelah 3 hari kita perbaiki. Kemarin memang tidak sempat kita naikan ke atas, karena kami sama sekali tidak menyangka akan terjadi lahar yang besar,” ujar salah satu karyawan tambang Dwi Waluyo.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral