Jemaah calon haji asal Jombang saat berlatih manasik ibadah haji.
Sumber :
  • tvOne - umar sanusi

Terganjal Kesehatan, Satu CJH Jombang Tak Istithaah, 610 Jemaah lolos dengan Pendampingan

Rabu, 7 Juni 2023 - 18:37 WIB

Jombang, tvOnenews.com - Satu calon jemaah haji (CJH) di Jombang, dinyatakah tidak istitaah setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh Dinas Kesehatan, sehingga tidak bisa berangkat ke Tanah Suci. 

Dari total 1.131 CJH yang dilakukan pemeriksaan kesehatan menjelang keberangkatannya, ada 610 jamaah yang masuk kategori istithaah dengan pendampingan obat. Penyebabnya, mereka memiliki riwayat penyakit cukup serius yang telah diderita lama.

Haryo Purwono, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P). Dinas Kesehatan Jombang  menyampaikan, dari hasil pemeriksaan kesehatan yang telah dilakukan Dinkes Jombang beberapa waktu lalu, ada satu jemaah yang dinyatakan tidak istithaah atau dinyatakan belum memenuhi aspek kesehatan yang meliputi fisik dan mental.

“Ya ada satu jamaah karena memiliki riwayat penyakit kronis. Dan jemaah tersebut telah mengundurkan diri,” ujarnya Rabu (7/6).

Diungkapkan Hario, jumlah total CJH yang dilakukan skrining kesehatan ada 1.131 CJH. Jumlah itu meliputi, jamaah reguler, tim kesehatan, maupun jamaah yang mutasi masuk dan keluar.

“Pemeriksaan sudah kita lakukan di masing-masing puskesmas,” tambahnya.

Dari total data 1.131 yang di entry ke Sistem Komputerisasi Haji Terpadu Bidang Kesehatan (Siskohatkes), ia memerinci ada 514 jamaah yang dinyatakan istithaah, kemudian ada 610 jamaah dinyatakan istitha'ah dengan pendampingan obat, enam jemaah tidak istitha'ah.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral