Jemaah haji lansia asal Lumajang diberangkatkan.
Sumber :
  • tvOne -wawan sugiarto

790 Jemaah Calon Haji asal Lumajang Diberangkatkan Ke Tanah Suci, Bupati : 60 Persen Jemaah Lansia

Minggu, 11 Juni 2023 - 07:39 WIB

Lumajang, tvOnenws.com – Bupati Lumajang, Thoriqul Haq,  didampingi Fokopimda dan pejabat Kemeterian Agama setempat, memberangkatkan sebanyak 790 jemaah calon haji, dari Pendopo Arya Wiraraja di jalan Alun-alun Selatan Lumajang, Sabtu (10/6). Rombongan jemaah calon haji ini terbagi dalam 2 kelompok terbang (kloter) 48 dan 49.

Proses pemberangkatan jemaah calon haji ini tepat dilaksanakan pada pukul 16.00 WIB, yang dipimpin langsung oleh Bupati Lumajang, Thoriqul Haq.

“Hari ini saya memberangkatkan jemaah calon haji asal Lumajang, dengan jumlah total 790 jamaah haji. Jadi dari total 790 jamaah haji ini, kemarin sudah kita data dan terdapat 60 persen jemaah haji lansia,” kata Cak Thoriq panggilan akrab Bupati Lumajang.

“Banyaknya jumlah jemaah haji dari kalangan lansia dari daerah Lumajang ini, menjadi perhatian tersendiri bagi kami. Untuk itu kami juga memberangkatkan 7 petugas haji yang akan terus mendampingi para jemaah haji lansia, dengan harapan mereka (lansia) juga mengikuti semua saran-saran petugas yang ada di tanah suci. Dan itu kita prioritaskan karena jemaah haji asal Lumajang tahun ini mayoritas dari lansia,” sambungnya.

Terkait kondisi cuaca dan suhu yang cukup ekstrem, Cak Thoriq juga berpesan kepada para jemaah haji agar selalu menjaga kesehatan dengan memperhatikan pola makan dan minum serta terus berkoordinasi dengan para petugas haji.

“Ya pertama karena cuaca, kemarin saja sudah 46 derajat yang sudah barang tentu sangat panas. Dan sekali lagi saya minta betul, terutama para petugas haji yang diberangkatkan langsung oleh daerah, untuk selalu memonitor dan menjaga tetap sehat dan minum yang banyak, jangan sampai kekurangan makanan karena semua sudah tersedia. Dan kita memberangkatkan panitia itu dengan tujuan agar semua bisa dilayani dengan baik,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu jemaah calon haji Eko Wahyudi, mengaku telah melakukan berbagai persiapan guna menghadapi cuaca ekstrem di tanah suci, dengan melakukan kegiatan olahraga rutin sebelum diberangkatkan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral