Penanaman bibit untuk jadi kawasan argoforestri.
Sumber :
  • edi cahyono

Tingkatkan Kesejahteraan, Empat Desa di Kota Batu Diubah Jadi Kawasan Agroforestri

Kamis, 15 Juni 2023 - 10:19 WIB

Batu, tvOnenews.com – Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten/Kota di Jawa Timur, salah satunya dengan mengembangkan sektor pertanian dan lingkungan dengan mengadopsi konsep kawasan pedesaan agroforestri.

Melalui program Agroforestri, empat desa di Kota Batu bakal diubah menjadi kawasan yang berfokus pada pertanian berkelanjutan dan pengelolaan sumber daya alam yang bijaksana.

Desa tersebut terletak di Kecamatan Bumiaji, yaitu Desa Tulungrejo, Sumbergondo, Bulukerto dan Giripurno.

Salah satu desa di Kota Batu yang menjadi contoh sukses dalam mengimplementasikan konsep ini adalah Desa Tulungrejo yang terletak di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Desa Tulungrejo memiliki luas lahan yang subur dan potensial untuk pengembangan pertanian.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat meresmikan Kawasan Perdesaan Agroforestri Kopi Lereng Gunung Arjuno (AKLA) di area Wisata Oyot Coban Talun, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, pada Rabu (14/6) mengatakan, optimis bahwa agroforestri kopi ini, bisa tembus pasar ekspor menyusul success story produk kopi Jatim lainnya, mulai Kopi Kare dari Madiun, Kopi Wonosalam dari Kabupaten Jombang, serta kopi dari Bondowoso.

Produk kopi tersebut berhasil tembus pasar ekspor setelah dikembangkan melalui sistem komunal branding sehingga bisa menembus pasar ekspor dengan kuantitas yang besar serta kontinuitas yang terjaga.

Sistem komunal branding besutan Gubernur Khofifah ini menjadi andalan guna mendorong produk Jatim untuk masuk ke pasar internasional. Sistem ini menjawab kendala produk ekspor yang terkadang kualitasnya bagus tapi secara kuantitas dan kontinuitas sulit untuk memenuhi kebutuhan pasar ekspor.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:41
20:11
09:55
13:31
06:01
02:57
Viral