1 ABK yang tabrak karang di Perairan Alas Purwo ditemukan selamat.
Sumber :
  • tim tvone - happy oktavia

1 ABK yang Tabrak Karang di Perairan Alas Purwo, Ditemukan Selamat, Begini Ceritanya

Minggu, 25 Juni 2023 - 19:53 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com - Satu Anak Buah Kapal (ABK) Sumber Berkat yang menabrak karang di perairan Alas Purwo, Banyuwangi, berhasil diselamatkan, Minggu (25/6) siang. Dia adalah Kapten kapal bernama Wakirin (62), asal Pekalongan, Jawa Tengah.

Sebelumnya, korban dinyatakan dalam pencarian. Pria ini terpisah dari 28 ABK lainnya yang menyelamatkan diri ke pantai. Tim SAR gabungan akhirnya menemukan korban masih bertahan di dalam kapal, kondisinya sehat. 

“Kami evakuasi pukul 12.15 WIB. Korban berada di dalam kapal yang kandas,” kata Kepala Pos SAR Ketapang, Banyuwangi, Wahyu Setia Budi.

Lokasi kapal yang kandas ini jaraknya sekitar 120 meter dari pesisir. Meski begitu, proses evakuasi tak mudah. Pasalnya, gelombang di lokasi cukup menantang. Setelah berhasil dievakuasi, Kapten kapal langsung diserahkan ke pihak agen kapal. Tim SAR langsung mengakhiri proses evakuasi para ABK ini.

Dari 29 ABK termasuk Kapten, 28 diantaranya berhasil selamat. Satu ABK dinyatakan meninggal dunia. Korban bernama Sumantri (35), asal Jakarta Timur. Pria ini diduga kelelahan saat berenang menyelamatkan diri. Nyawanya tak tertolong begitu tiba di daratan. Seluruh ABK yang selamat sudah mendapatkan pemeriksaan medis.

Sebelumnya, Kapal Sumber Berkat dilaporkan kandas, Sabtu (24/6) petang. Kapal ini sedianya akan sandar ke Pelabuhan Tanjungwangi, Banyuwangi. Nahas, kapal diduga dihantam ombak, lalu menabrak karang dan kandas. Kapal ini membawa sekitar 8 ton ikan.

Kejadian ini dilaporkan ke Pos SAR Ketapang pada sore menjelang malam. Jauhnya lokasi membuat proses evakuasi tak bisa berjalan cepat. Penyebab kandasnya kapal ini masih diselidiki. (hoa/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:57
01:51
06:48
09:30
03:52
01:15
Viral