Dampak gempa Bantul di Ponorogo.
Sumber :
  • aris sutikno

BPBD Ponorogo Catat TUjuh Bangunan Rusak Akibat Gempa Bumi Bantul

Sabtu, 1 Juli 2023 - 13:05 WIB

Ponorogo, tvOnenews.com - Dampak gempa bumi berkekuatan 6,4 magnitudo di Bantul, Yogyakarta,  juga mengakibatkan beberapa kerusakan bangunan seperti rumah, tempat ibadah, kampus Universitas Darussalam Gontor yang terletak di Kecamatan Siman.

Menurut laporan yang dikumpulkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ponorogo, retakan pada bangunan Universitas Darussalam Gontor tersebut, terjadi di beberapa titik.

Retakan tersebut berupa retakan horizontal dan vertikal yang membentang sepanjang sambungan antara tembok bangunan beton.

Data menunjukkan bahwa posisi retakan terbanyak terdapat pada lantai satu dan dua kampus, dengan lebar retakan sekitar 1,5 sentimeter.

Selain retakan, atap bangunan yang terbuat dari gipsum juga mengalami kerusakan dan rontok akibat getaran gempa.

Tidak hanya itu, rumah warga Kelurahan Paju, Kecamatan Ponorogo, juga mengalami kerusakan yang sangat memprihatinkan. Tembok rumah milik Dirun (80), dindingnya jebol dan roboh sehingga tidak layak ditempati karena bangunan rumah sudah miring dan rawan ambruk, sehingga penghuni rumah diungsikan. 

Bahkan bangunan warung semi permanen milik warga Desa Bangunrejo, Kecamatan Sukorejo, rata dengan tanah. Serta plafon masjid di Desa Ringin Putih, Kecamatan Sampung, juga rontok akibat gempa bumi. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:26
01:05
02:10
02:17
01:21
01:11
Viral