Wisatawan menikmati permainan kano di obyek wisata Cacalan, Banyuwangi..
Sumber :
  • tvOne - happy oktavia

Selama Libur Idul Adha, Wisdom Padati Destinasi Wisata dan Hotel di Banyuwangi

Senin, 3 Juli 2023 - 13:17 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com Libur panjang Idul Adha membawa berkah bagi pengelola wisata dan hotel di Banyuwangi. Selama liburan ini, wisatawan domestik (wisdom) memadati hampir seluruh destinasi wisata di Bumi Blambangan, pun dengan hunian hotel.

Rata-rata, lonjakan kunjungan wisdom ini mencapai lebih dari 50 persen. Sedangkan okupansi hotel naik hingga 200 persen. Kebanyakan, wisatawan menyerbu destinasi wisata pantai.

Salah satunya, kawasan wisata Pantai Cacalan di Kelurahan Klatak, Kalipuro. Pantai yang berbatasan dengan Selat Bali ini banyak diminati lantaran alamnya yang indah. Lalu, permainan kano yang menyusuri danau payau.

“Naiknya lebih dari 50 persen. Rata-rata, kendaraan yang masuk dari luar kota,” kata pengurus Pokdarwis Pantai Cacalan Awan Miswantoro, Senin (3/7).

Sementara, okupansi hotel di Banyuwangi tak kalah padat. Bahkan, tembus hingga 90 persen. Kondisi ini juga berdampak pada pusat oleh-oleh di Kota Gandrung. Hampir seluruhnya transaksinya meningkat selama libur panjang Idul Adha.

“Ini memang berkah pelaku wisata di Banyuwangi. Kami juga menyiapkan berbagai pelatihan untuk menyajikan standarisasi halal, higienis, dan sehat (H2S),” kata Kabid Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banyuwangi, Ainur Rofiq.

Tak hanya alam, Banyuwangi juga menawarkan gelaran dan atraksi budaya untuk memikat wisatawan, termasuk kuliner. Untuk menyajikan pariwisata H2S ini, pihaknya menggandeng Kementerian Agama dan akademisi memberikan standar higienis bagi pengelola wisata.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:26
01:05
02:10
02:17
01:21
01:11
Viral