Nelayan di Banyuwangi.
Sumber :
  • happy oktavia

Jaga Ekosistem, Nelayan di Banyuwangi Diajak Bersihkan Sampah Laut

Senin, 10 Juli 2023 - 08:41 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com – Nelayan di Banyuwangi tak hanya diajak menangkap ikan dengan baik, mereka juga diarahkan ikut menjaga ekosistem laut. Salah satunya, membersihkan sampah di perairan. Gerakan ini merupakan pendampingan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Aksi bersih sampah laut ini melibatkan sedikitnya 75 nelayan. Mereka didapuk sebagai agen di wilayah masing-masing untuk peduli dalam penanganan sampah laut. 

“Mereka kita buatkan kelompok, targetnya untuk nelayan. Tidak hanya melakukan penangkapan yang terukur, tapi bagaimana menjaga kelestarian alam,” kata Kepala Dinas Perikanan Banyuwangi, Alief Kartiono, Jumat lalu.

Menurutnya, dengan laut yang bersih akan berdampak pada hasil tangkapan nelayan. Lalu, ikan yang ditangkap juga higienis dan sehat. Sehingga, ketika ikan dikonsumsi manusia akan berdampak pada kesehatan. 

“Program ini juga penting dalam mendukung penanganan stunting,” jelasnya.

Dipilihnya Banyuwangi dalam gerakan penanganan sampah laut ini bukan tanpa alasan. Kabupaten ini memiliki bentang laut yang luas, jumlah nelayannya juga cukup besar. 

“Kita libatkan 75 nelayan di Banyuwangi. Mereka sebagai agen,” kata Sub Koordinator Penanggulangan Pencemaran KKP, Suryo Prasojo.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral