Pernikahan di Lapas Tulungagung.
Sumber :
  • aris sutikno

Haru, Tahanan Kasus Narkoba Ijab Kabul di Lapas Tulungagung

Selasa, 11 Juli 2023 - 11:09 WIB

Tulungagung,tvOnenews.com - AW (36) seorang tahanan kasus narkotika terpaksa melangsungkan pernikahan di Lapas Kelas II A Tulungagung. Prosesi ijab kabul berlangsung di ruang rapat lapas tersebut.

Suasana bahagia bercampur haru sangat terasa saat tahanan berinisial AW (36) mengucapkan ijab kabul dengan disaksikan petugas lapas, pihak keluarga serta penghulu. 

Kalapas Tulungagung, R Budiman Kusumah mengatakan prosesi akah nikah dilaksanakan di ruang rapat. Akad nikah ini dihadiri oleh petugas penghulu dari KUA Kecamatan Kedungwaru, serta perwakilan keluarga kedua mempelai. 

"Yang mempelai pria merupakan tahanan kasus narkotika dan menjalani penahanan sejak bulan Maret lalu," ujarnya.

Pernikahan ini sebenarnya sudah direncanakan sejak beberapa bulan lalu. Pihak keluarga telah menentukan tanggal pernikahan pasangan ini. Namun karena terjerat kasus, akhirnya prosesi akad nikah harus dilakukan di dalam lapas. Prosesi ini dapat dilaksanakan dengan persyaratan lengkap syarat substantif dan administrasinya sesuai dengan Undang-Undang No 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan.

“Acara pernikahan di dalam lapas dilaksanakan berdasarkan surat permohonan jaminan keluarga dan surat permohonan pernikahan dari kelurahan dan KUA setempat,” jelasnya.

Sementara itu, AW mengaku sangat bahagia dapat menikahi kekasihnya meski dalam kondisi sedang menjalani masa tahanan. Rencana untuk bulan madu juga harus ditunda karena AW masih harus menjalani proses persidangan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
01:48
01:38
05:22
04:27
01:33
Viral