Suwarni, saksi bencana banjir bandang Lumajang.
Sumber :
  • wawan sugiarto

Kisah Suwarni, Saksi Hidup Bencana Banjir Bandang Lumajang, Sempat Terjebak Lumpur dan Terpisah dengan Keluarga

Jumat, 14 Juli 2023 - 10:33 WIB

Lumajang, tvOnenews.com - Bencana banjir bandang dengan banjir lahar dingin Gunung Semeru yang menerjang DAS Mujur dan permukiman warga Dusun Kedung Wringin, Desa Nguter, Kecamatan Pasirian, Lumajang, menyisakan duka dan trauma tersendiri bagi warga terdampak, salah satunya Suwarni (56) yang harus jatuh bangun menyelamatkan diri dari terjangan banjir bandang. 

Kepada tvOnenews.com, dengan mata berkaca-kaca, Suwarni berusaha menceritakan peristiwa yang dialaminya Jumat (7/7) pekan kemarin saat bencana banjir bandang datang menerjang. 

"Saat itu, hujan lebat memang sedang terjadi selama dua hari berturut-turut. Dampaknya, aliran sungai mujur di selatan pemukiman diterjang banjir lahar dingin Semeru," kata Suwarni, Jum'at (14/7). 

Bersama warga lainnya, sekitar pukul 13.30 WIB, Suwarni mendatangi Jembatan Limpas Kali Putih untuk melihat aliran banjir lahar dingin. Sementara Rafael (11) cucunya sedang mencari ikan tak jauh dari sungai. 

"Saya sempat melihat lahar ke sungai. Memang lumayan besar tapi belum sampai meluap. Sementara cucu saya bersama temannya mencari ikan. Saat perjalanan pulang, tiba-tiba terdengar suara gemuruh dari arah barat permukiman yang ternyata banjir bandang datang," sambungnya. 

Suwarni dan wargapun langsung panik saat melihat dari arah barat, batang-batang pohon dan rumpun bambu mulai hanyut terbawa banjir. Diantara kepanikan itu, Suwarni sempat kebingungan mencari keberadaan cucunya sementara banjir bandang sudah semakin dekat dan mulai menerjang lahan pertanian. 

"Sekitar pukul 14.30 WIB, aliran banjir bandang sudah melewati masjid dan menerjang beberapa rumah di sisi barat. Saya bingung harus lari kemana. Saya juga panik karena terpisah dengan cucu dan suami. Kondisi rumah sudah kosong," jelasnya dengan menitikkan air mata. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:25
02:07
01:19
00:55
25:37
01:06
Viral