Karakan Kucing di Lumajang.
Sumber :
  • wawan sugiarto

Karakan Kucing, Tradisi Bersih Desa Warga Selok Awar-Awar Sambut Tahun Baru Islam

Kamis, 20 Juli 2023 - 18:28 WIB

Lumajang, tvOnenews.com - Menyambut datangnya tahun baru Islam 1 Muharam 1445 atau bulan Suro dalam kalender Jawa, warga Desa Selok Awar-awar Kecamatan Pasirian Lumajang, menggelar kegiatan bersih desa, Kamis (20/7).

Dalam rangkaian kegiatan bersih desa tersebut, dilakukan tradisi 'Karakan Kucing'. Sesuai dengan namanya, dalam tradisi ini, ada seekor kucing berwarna hitam dalam sangkar, diarak keliling kampung dengan dilengkapi nasi tumpeng dan gunungan hasil bumi, serta diiringi dengan musik Al Jiduri dengan lantunan selawat nabi. 

Pantauan tim tvOnenews.com di lapangan, kegiatan tradisi ini diberangkatkan dari rumah Kepala Desa Selok Awar-awar yang selanjutnya diarak keliling kampung, sambil terus melantunkan selawat nabi. 

Di sepanjang jalan yang dilalui, terlihat warga dengan antusias menyambut kedatangan arak-arakan dan sesekali mengabadikan momen agenda tahunan dengan berswafoto. 

Menurut Kepala Desa Selok Awar-Awar Didik Nur Handoko, kegiatan tradisi Karakan Kucing ini, bukan hanya sekedar tradisi, namun memiliki makna dan sejarah yang sangat dalam hingga terbentuknya Desa Selok Awar-Awar. 

"Ini semacam napak tilas. Tradisi Karakan Kucing ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya oleh masyarakat Desa Selok Awar-awar, setiap bulan Suro. Selain dalam rangka bersih desa, kegiatan ini juga sebagai upaya melestarikan tradisi leluhur secara turun temurun," kata Didik, Kamis (20/7).
 
Didik menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini selain untuk melestarikan tradisi dan kearifan lokal, juga untuk memohon perlindungan dan keselamatan dari Tuhan dan roh-roh leluhur mereka. Terdapat pula jolen yang juga turut serta diarak. 

Arak-arakan kucing ini juga diiringi dengan al banjari, dengan melewati beberapa tempat yang dipercaya menjadi punden desa salah satunya di Dusun Duren yang kini berganti dengan nama Dusun Krajan Dua. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:23
01:35
01:45
01:54
01:47
15:24
Viral