Lapas Banyuwangi.
Sumber :
  • happy oktavia

Over Kapasitas, Lapas Banyuwangi Minta Tambahan Lahan 

Selasa, 25 Juli 2023 - 20:53 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Banyuwangi over kapasitas penghuni. Dari kapasitas 260 narapidana (napi), kini dihuni 964 warga binaan. Sehingga, kelebihan sekitar 704 orang. Terkait kondisi ini, lapas meminta tambahan lahan untuk perluasan. 

Sejatinya, Pemkab Banyuwangi memberikan lahan seluas 2,1 hektar untuk pembangunan lapas baru. Namun, dinilai masih kurang. 

"Idealnya, untuk lapas membutuhkan lahan sekitar lima hektar. Jadi, kami koordinasi untuk meminta tambahan lahan," kata Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Jatim, Imam Jauhari di sela peringatan HUT Kemenkumham di Banyuwangi, Senin (24/7). 

Lahan tambahan ini, nantinya akan dibangun gedung pembinaan warga binaan, tempat ibadah mulai masjid, gereja dan sarana lainnya. 

"Kalau dua hektar kurang. Saya sudah koordinasi dengan Pak Sekda Banyuwangi juga akan mencarikan solusi soal itu," tuturnya.

Sekda Banyuwangi, Mujiono memastikan pemkab telah memikirkan tambahan lahan untuk rencana perluasan pengembangan lapas. Lahan itu lokasinya berada di Kelurahan Pakis, Kecamatan Banyuwangi. 

"Sudah kita bicarakan, lahannya juga sudah ada. Dan di lahan tersebut bisa dibuat banguanan baru," ungkapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:21
03:43
06:21
13:18
01:24
01:09
Viral