Warga Blokade Akses Jalan Menuju TPA Tlekung Kota Batu.
Sumber :
  • Edy Cahyono

Keluhan Tak Kunjung Direspon, Warga Blokade Akses Jalan dan Aktivitas TPA Tlekung Kota Batu

Sabtu, 29 Juli 2023 - 02:00 WIB

Batu, tvOnenews.com - Puluhan warga Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, menutup akses jalan menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA), ditutupnya TPA Tlekung lantaran pihak Pemkot Batu dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup tidak memenuhi janjinya terhadap warga sekitar TPA terkait pengelolaan sampah masih menyisakan polusi bau busuk mencemari lingkungan.

Kepala Desa Tlekung Mardi menjelaskan, penutupan TPA Tlekung dilakukan karena warga kesal janji Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu untuk meminimalisir bau dan pengelolaan sampah yang bisa menguntungkan warga setempat tak kunjung terealisasi.

"Jadi, warga menutup akses jalan dan aktivitas di TPA hanya karena kesal terhadap Pemkot Batu dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup, warga terkesan di abaikan karena janjinya tak kunjung di penuhi," kata Mardi, Jumat (28/7/2023).
 
"Warga melakukan penutupan sampai nanti tuntutannya di penuhi, jika tidak di penuhi akses maupun aktivitas di TPA di tutup terus, baru di buka jika Dinas Lingkungan Hidup memenuhi janjinya secara tertulis di hadapan para warga," ujar Mardi.
 
 
Tidak hanya menutup akses, Namun, warga juga akan menjaga dan melarang armada pengangkut sampah milik Pemkot Batu bila sewaktu-waktu lewat membawa muatan sampah.
 
Lebih lanjut Mardi menambahkan, penutupan penyebabnya yaitu warga sudah sangat kesal lantaran protes bau dan pengelolaan sampah sejak sepuluh tahun lalu tidak di gubris atau sama sekali tidak ada lanjut.
 
"Akhirnya warga kesal sehingga memaksa untuk menutup akses jalan menuju TPA. Bahkan sebelum melakukan penutupan warga juga mendatangi TPA untuk melihat keadaan di sana," imbuhnya.
 
Menurut Mardi pengelolaan sampah di TPA sepertinya tidak ada dan sampah hanya di pilah pilah saja, sehingga bau busuk sering kali bahkan setiap hari cukup menyengat.
 

"Penutupan akan terus dilakukan sampai tuntutan warga terpenuhi yaitu penangganan bau dan hasil pengolahan sampah. Bila tidak terealisasi ya akan ditutup terus, soalnya kalau tak ditutup keluhan kami selalu diabaikan," pungkasnya.(eco)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:52
01:44
01:33
06:44
09:50
00:57
Viral