Siswa belajar di tempat tongkrongan warga.
Sumber :
  • dimas farik

Miris, Siswa SMP Swasta di Sampang Belajar di Tempat Tongkrongan Warga 

Selasa, 1 Agustus 2023 - 11:24 WIB

Sampang, tvOnenews.com - Puluhan siswa Sekolah Menengah Pertama Swasta (SMP Al Lathifi) di Dusun Kasangkah, Desa Banyukapah, Kecamatan Kedungdung, Kabupaten Sampang, Madura melaksanakan aktivitas belajar mengajar di sebuah tempat tongkrongan milik warga. Selain berada di alam terbuka yang tak layak tersebut, para siswa juga belajar di teras atau emperan rumah warga.

Meski memiliki lima ruang kelas, namun SMP yang berada di atas bukit, dipakai oleh siswa yang lain dan digunakan oleh para pengejar atau guru.

Maisyaroh seorang siswi kelas Vlll SMP Al Alahtifi mengatakan, ia memilih belajar di sekolah tersebut karena lokasinya tidak jauh dari rumahnya.

"Kalau sekolah di tempat yang lain jauh, meski memilki gedung yang bagus, Kalau sekolah di SMP, bisa jalan kaki, sekitar 30 menit perjalanan baru sampai ke sekolah," tuturnya, Senin (31/7).

Lanjutnya, meski Maisyaroh bersama teman-teman seusianya belajar di tempat tongkrongan warga yang terbuat dari kayu atau bambu, para siswa tetap semangat mengikuti mata pelajaran.

"Saya tadi memang belajar di tempat tongkrongan warga (bahasa Madura kardu kampung). Sekarang sudah kelas dua SMP (kelas VIII)," terangnya.

Bangunan SMP swasta yang dibangun dengan swadaya warga sekitar, kondisinya sudah tak layak pakai, bahkan mirisnya siswa belajar beralas lantai, sebagian dinding ditutup dengan gazebo dan triblek mulai rusak dan bolong.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:26
01:05
02:10
02:17
01:21
01:11
Viral