Perubahan Ujian Praktik SIM C.
Sumber :
  • tvOne - edy cahyono

Perubahan Ujian Praktik SIM C di Polres Batu Resmi Diberlakukan, Ini Rancangan Perlintasannya

Senin, 7 Agustus 2023 - 13:46 WIB

Batu, tvOnenews.com - Materi ujian praktik surat izin mengemudi (SIM) C untuk sepeda motor telah mengalami perubahan oleh Korlantas Polri. Calon pemohon SIM tidak akan lagi diuji dengan melintasi lintasan berbentuk angka delapan maupun zig-zag.

Langkah ini diambil sebagai hasil dari arahan Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, yang meminta para stafnya untuk mengevaluasi komponen materi ujian praktik SIM C.

Perubahan ujian praktik SM C, guna mempermudah para pemilik sepeda motor dalam mendapatkan SIM C, Korlantas Polri akhirnya mengubah ujian praktik dengan menghilangkan tes manuver zig-zag dan rute angka 8, dan menggantinya dengan lintasan berbentuk huruf S.

Perubahan dalam pelaksanaan ujian praktik SIM C ini mulai berlaku pada Senin, 7 Agustus 2023, di seluruh wilayah Indonesia. Diharapkan bahwa perubahan ini akan memberi kemudahan bagi masyarakat, mengingat tantangan yang sebelumnya dihadapi dalam ujian praktik.

Kasatlantas Polres Batu, AKP Lya Ambarwati menyatakan, rancangan lintasan ujian dengan cara yang lebih representatif terhadap situasi pengendara di jalan raya, serta sekaligus menyampaikan pesan edukasi.

"Transformasi lintasan ujian menjadi sebuah sirkuit yang mencakup 4 materi ujian praktik, diukur dengan dimensi yang lebih lebar dan tanpa tes zig-zag atau uji slalom," kata Lya, Senin (7/8).

Sebagai contoh, rute angka 8 telah diubah menjadi huruf S dengan dimensi lintasan yang melebar dari 1,5 kali lebar kendaraan menjadi 2,5 kali dimensi kendaraan, memberikan ruang yang cukup untuk menghindari khawatir terinjak garis-garis.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:51
01:11
08:31
01:02
01:08
00:53
Viral