materi buku agama Mts dan MA diduga menyimpang.
Sumber :
  • tim tvone - dimas farik

Materi Buku Agama Fiqih dan Akidah Akhlak di Sampang, Madura, Diduga Menyimpang, Guru MTs Temukan Fakta Ini

Selasa, 8 Agustus 2023 - 13:14 WIB

Sampang, tvOnenews.com - Diketahui sedikitnya terdapat 50 materi pelajaran fiqih dan aqidah akhlak pada delapan buah buku pelajaran Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) dinyatakan menyimpang dari ajaran Ahlusunnah Waljamaah. Materi tersebut kemudian dikaji oleh tim dari PCNU Sampang, dan didiskusikan dengan media literasi kampus Intitut Agama Islam Nazhatut Thullab (LMK Ainatan), hingga ramai di publik.

Adanya temuan buku materi menyimpang itu membuat Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Sampang, langsung melakukan pertemuan dengan sejumlah Pengawas Madrasah Tsanawiyah dan sejumlah kepala Madrasah Aliyah Negeri Sampang.

Di MTs Satu Sampang, Madura, telah memakai buku mata pelajaran fiqih kelas VII, penerbit Kemenag RI, 2020, penulis Mashuri.

"Buku materi pelajaran agama yang diduga menyimpang sudah ramai diperbincangkan termasuk di media sosial. Untuk isi di dalam buku ini kami belum baca semuanya, jadi tak tahu betul isi di dalamnya. Tapi informasi yang kami dapat bahwa yang diduga menyimpang soal bab Tayamum, tapi untuk bab Tayamum di buku ini masih sesuai, artinya tidak ada permasalahan, tapi tidak tahu nanti di belakang isinya seperti apa," kata Matrapi, Kepala Sekolah MTs Satu Sampang, (8/9).

Menurut Matrapi mengatakan, MTs Satu Sampang, tidak mengambil semua buku mata pelajaran dari beberapa penerbit, hanya satu buah buku pelajaran fiqih yang diterbitkan oleh Kemenag RI.

"Disini tidak semua buku mata pelajaran diambil atau diajarkan, disini (MTs) hanya mengambil satu buku penerbit dari Kemang RI, jadi buku yang lainnya isinya seperti apa, saya belum tahu," tuturnya.

Temuan adanya buku materi untuk mata pelajaran agama Islam diduga menyimpang dari tuntunan Ahlussunah Waljamaah.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:09
01:34
02:48
03:43
01:20
04:40
Viral