Operasi Bayi Kembar Siam Pertama Kali akan Dilakukan RSUD Syaiful Anwar di Malang.
Sumber :
  • tim tvone - edy cahyono

Operasi Bayi Kembar Siam Pertama Kali akan Dilakukan RSUD Syaiful Anwar di Malang

Kamis, 10 Agustus 2023 - 21:48 WIB

Malang, tvOnenews.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Saiful Anwar (RSSA) di Kota Malang akan melakukan operasi pemisahan bayi kembar siam. Operasi tersebut menjadi yang pertama kali dilakukan oleh RSSA di RSUD Dr. Saiful Anwar, bahkan disebut menjadi yang pertama yang dilakukan di Kota Malang. 

Direktur Utama RSUD Saiful Anwar dr Bachtiar Budianto di Kota Malang, Kamis (10/8), mengatakan bahwa operasi pemisahan bayi kembar siam tersebut merupakan yang pertama kali dilakukan di Malang Raya atau di wilayah Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu.

"Pasien yang akan dilakukan operasi tersebut merupakan warga Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Rencananya, operasi akan dilakukan pada Sabtu (12/8)," ujar Direktur RSUD Dr. Saiful Anwar, Dr. dr. Mochammad Bachtiar Budianto, Sp.B, (K) Onk kepada awak media, Kamis (10/8).

Dalam kesempatan tersebut dijelaskan bahwa bayi lahir dalam kondisi kembar dempet pada bagian perut, atau istilah medis omphalofagus. Persalinan kedua bayi kembar tersebut sebelumnya juga dilakukan di RSUD Dr. Saiful Anwar pada 15 September 2022 lalu. Dan saat ini, bayi mungil itu telah berusia 11 bulan. 

Secara teknis dijelaskan bahwa selain kulit yang terlihat menempel satu sama lain, juga ada beberapa bagian tubuh lain yang menempel, dan turut akan dilakukan operasi pemisahan pada Sabtu (12/8) mendatang. Beberapa bagian tubuh tersebut adalah sebagian jaringan pada organ hati, dinding tulang dada.

"Masing-masing (bayi) punya lever (organ hati). Namun ada beberapa bagian yang menempel. Itu yang akan dilakukan operasi pemisahan," jelasnya. 

Meskipun baru pertama kali dilakukan, pihaknya berharap penuh bahwa operasi pemisahan itu berjalan lancar dan sukses. Untuk itu, berbagai persiapan pun telah dilakukan. Mulai perencanaan dari persiapan sebelum operasi hingga pasca operasi. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:21
02:44
09:37
02:52
04:28
07:37
Viral