Tim Dokter RSSA Malang Sukses Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam Aliyah - Alisa.
Sumber :
  • tvOne - edy cahyono

Tim Dokter RSSA Malang Sukses Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam Aliyah - Alisa

Minggu, 13 Agustus 2023 - 10:49 WIB

Malang, tvOnenews.com - Tim dokter RS dr Saiful Anwar (RSSA) melakukan operasi pemisahan bayi kembar Aliyah-Alisa Sabtu (12/8) lalu. Operasi yang pertama kali dilakukan di RSSA ini diperkirakan memakan waktu 10 hingga 12 jam.

Diketahui, bayi kembar siam dengan jenis kelamin perempuan bernama Aliyah dan Aisah asal Pandaan, Kabupaten Pasuruhan itu masih berusia 11 bulan. Bayi yang dilahirkan oleh ibu berinisial S itu mengalami kondisi pelekatan pada bagian perut hingga tulang dada.

"Alhamdulillah, hari ini kami sudah melakukan tindakan operasi separasi atau pemisahan bayi kembar siam," kata dr Bachtiar Budianto, Direktur RSSA Malang, Sabtu (12/8).

Bactiar menyampaikan bahwa operasi pemisahan itu telah disiapkan secara matang dengan melibatkan tim ahli dari RS dr Soetomo Surabaya. Dikatakan, operasi tersebut dilakukan mulai pukul 08.05 WIB hingga 10.10 WIB.

"Tentu operasi pemisahan ada kesulitan. Tapi para dokter ahli dari kami (RSSA Malang) dan RS dr Soetomo sudah menyiapkan semuanya dan Alhamdulillah bisa mengantisipasi kesulitan yang ada," paparnya.

Kini, pihaknya memastikan bahwa kondisi pasien bayi kembar siam itu sudah dalam kondisi stabil. Dia juga menyebutkan bahwa potensi pendarahan dalam proses operasi telah diantisipasi dengan baik.

Tim ahli dari RS dr Soetomo Surabaya, dr Purwadi menambahkan bahwa proses penjahitan pasca operasi dilakukan dengan hati-hati oleh tim bedah plastik.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
22:31
02:12
09:21
17:30
00:55
01:19
Viral