Pawai karnaval kemerdekaan di Lumajang.
Sumber :
  • wawan sugiarto

Aneka Jolen Berbentuk Singa dan Naga Ramaikan Pawai Karnaval Kemerdekaan di Desa Jambekumbu Lumajang

Rabu, 16 Agustus 2023 - 17:05 WIB

Lumajang, tvOnenews.com – Kegiatan menyambut dan memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke-78 kini sudah mulai dilakukan masyarakat di seluruh pelosok negeri. Dari kegiatan berbagai lomba unik dan menarik, di sejumlah tempat juga mulai digelar kegiatan pawai karnaval, seperti yang dilakukan warga Desa Jambekumbu, Kecamatan Pasrujambe, Lumajang, Rabu (16/8).

Namun berbeda dengan kegiatan pawai karnaval pada umumnya yang selalu menampilkan berbagai atraksi seni tari, dalam kegiatan tahunan di Desa Jambekumbu ini, juga dilakukan arak-arakan gunungan hasil bumi dan Jolen karena bersamaan dengan kegiatan sedekah desa.

Pantauan tim tvOnenews.com di lokasi, terdapat sebanyak 24 peserta dalam kegiatan pawai karnaval hari kemerdekan, sekaligus arak-arakan gunungan hasil bumi dan Jolen yang berasal dari sejumlah RT di desa ini.

Nuansa hari kemerdekaan nampak tergambarkan dalam setiap Jolen yang diarak warga. Jolen ini berupa ancak berisi nasi tumpeng lengkap dengan ayam ingkung serta beraneka buah-buahan dan sayuran. Tak hanya itu, aneka jajanan pasar dan uang kertas, juga digantung di rangka ancak jolen yang terbuat dari bambu dengan dihiasi aneka ornamen berwarna merah dan putih.

"Tahun ini kita mengarak 24 jolen, temanya macam-macam sesuai keinginan warga, ada yang bentuk singa, naga, miniatur tempat ibadah hingga ogoh-ogoh," kata Kepala Desa Jambekumbu, Subaeri di lokasi.

Lebih lanjut Subaeri menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang digelar dalam rangka peringatan hari kemerdekaan sekaligus selamatan desa.


"Ini kegiatan rutin setiap tahun, selain untuk selamatan desa, kegiatan ini juga untuk memeriahkan hari kemerdekaan, makanya semua jolen yang ada ini bernuansa merah putih," jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral