Peluncuran sembilan desa digital.
Sumber :
  • khumaidi

Pemkab Sidoarjo Luncurkan 9 Desa Digital dan Akses Internet 3 Desa Blankspot

Jumat, 25 Agustus 2023 - 10:59 WIB

Sidoarjo, tvOnenews.com - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo meresmikan peluncuran sembilan desa digital dan akses jaringan internet di tiga wilayah blank spot, untuk mengakselerasi transformasi digital di desa dan daerah terpencil.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali mengatakan, upaya ini merupakan keseriusan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk pemerataan aksesibilitas daerah perikanan, pembangunan infrastruktur, serta sarana pendidikan. 

"Program desa digital ini akan menjadi langkah awal Kabupaten Sidoarjo agar masyarakat tidak buta akan perkembangan zaman yakni digital," ujarnya di sela-sela Grand Launching Desa Digital dan Akses Desa Jaringan Blank Spot di Pendopo Delta Wibawa. 

Muhdlor juga menambahkan, adanya perluasan jaringan internet di wilayah blan kspot juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat desa untuk mengakses internet, pembelajaran jarak jauh dan pemasaran produk UMKM secara online.

"Tahun lalu, kita juga ada program akses jaringan internet di wilayah blank spot yaitu di Desa Kali Alo, Tlocor, dan Tanjungsari. Sedangkan program tahun 2023 ini juga ada tiga wilayah yang mendapat akses jaringan internet yaitu di Kalikajang, Kepetingan, Pucukan yang diantaranya merupakan penghasil devisa," tambahnya. 

Melalui sambutannya, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Desa PDTT) Abdul Halim Iskandar berpesan, agar aplikasi-aplikasi pemerintah yang digunakan dalam pelayanan diintegrasikan menjadi satu aplikasi.

"Coba integrasikan aplikasi-aplikasi yang ada karena banyak sekali aplikasi dari berbagai lembaga atau instansi dari pemerintah daerah hingga pemerintah pusat, yang digunakan oleh masyarakat," ucapnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:05
07:53
01:23
05:26
13:30
02:11
Viral