Olahan Makanan dan Minuman dari Daun Kelor.
Sumber :
  • tvOne - sandi irwanto

Olahan Makanan dan Minuman dari Daun Kelor, Jadi Bisnis Ibu-Ibu Penggerak UMKM di Surabaya

Minggu, 27 Agustus 2023 - 14:02 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Ibu-ibu penggerak UMKM di kawasan Rungkut, Surabaya melakukan inovasi olahan makanan dan minuman dari daun kelor. Makanan dan minuman berbahan dasar daun kelor ini diyakini cukup baik untuk kesehatan, diantaranya untuk hiperensi, kolesterol, mencegah kangker dan baik juga untuk ibu menyusui.

Berbagai upaya dilakukan ibu-ibu penggerak UMKM di era digitalisasi saat ini, karena potensi UMKM untuk tumbuh dan berkembang cukup besar. Diantaranya, seperti ibu-ibu penggerak UMKM di kawasan Rungkut Mapan Barat RW 8, Surabaya yang melakukan berbagai inovasi makanan dan minuman dari bahan dasar daun kelor.

Untuk itu, pelaku UMKM di wilayah tersebut terus berkampanye pada warga sekitar dalam hal budidaya daun kelor. Sejumlah produk yang telah dihasilkan seperti, jus daun kelor, puding daun kelor, dan teh dari daun kelor.

“Tak hanya minuman, daun kelor juga bisa dijadikan makanan, seperti sayur kelor, oseng-oseng kelor, pepes, gorengan kelor dan masih banyak lagi makanan maupun minuman dari bahan dasar daun kelor,” ungkap Yusnarita, kader UMKM di kawasan Rungkut.

Ibu-ibu penggerak UMKM memanfaatkan daun kelor sebagai bahan dasar olahan makanan dan minuman ini, karena mudah didapatkan dan dibudidayakan.

“Kelor mudah ditanam di halaman maupun di kebun. Selain itu, daun kelor dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuhm seperti untuk hipertensi, kolesterol, mencegah kangker dan baik juga untuk ibu menyusui,” ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral