Festival Gandrung Sewu Banyuwangi..
Sumber :
  • tvOne - happy oktavia

Gandrung Terop akan Tampil dalam Festival Gandrung Sewu di Banyuwangi, Catat Tanggalnya!

Senin, 28 Agustus 2023 - 16:05 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.comFestival Gandrung Sewu Banyuwangi yang populer akan dibuat beda tahun ini. Festival tahunan yang akan digelar 16 September mendatang akan menampilkan Gandrung Terop. Kesenian ini merupakan cikal bakal Gandrung Banyuwangi.

Gandrung Terop sengaja ditampilkan untuk memberikan kesan beda dalam festival spektakuler ini. Festival juga digelar tiga hari, mulai 14 - 16 September. Tahun ini mengangkat tema Omprok “The Glory of Art".  

“Persiapannya sudah 70 persen. Tinggal latihan per kelompok,” kata Ketua Pelaksana Gandrung Sewu, Suko, Senin (28/8).

Tema ini mengandung makna mendalam, yaitu pengendalian diri terhadap ilusi dan eksistensi dalam menjalani kehidupan penari Gandrung. 

“Tahun ini, kita gelar lebih lama. Ada Gandrung terop setelah pagelaran festival,” jelasnya.

Gandrung Sewu adalah pagelaran penari Gandrung kolosal. Festival ini digelar di pantai Boom Banyuwangi, persis di barat Selat Bali. Sejak digelar beberapa tahun lalu, Gandrung Sewu masuk dalam Kalender Even Pariwisata Nasional. Setiap pagelaran, selalu diburu wisatawan domestik dan asing. Latar belakang selat Bali yang memikat menjadi daya tarik para wisatawan.

Festival ini juga menjadi ajang kebanggaan bagi para seniman Banyuwangi. Termasuk, para pelajar. Setiap tahun, tema yang diangkat selalu berubah. Biasanya, mengisahkan perjalanan Banyuwangi. (hoa/gol)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
22:31
02:12
09:21
17:30
00:55
01:19
Viral