Lokasi TPS 3R di Desa Balak, Kecamatan Songgon..
Sumber :
  • happy oktavia

Beroperasi September, Banyuwangi Miliki TPS Kapasitas 84 Ton/Hari

Selasa, 29 Agustus 2023 - 11:28 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com – Setelah dikebut, pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu Reduce Reuse Recycle (TPS 3R) di Desa Balak, Kecamatan Songgon sudah mencapai 99 persen. TPS berkapasitas 84 ton, per hari ini dijadwalkan bakal segera beroperasi penuh pada September 2023.  

TPS ini merupakan pelaksanaan program Banyuwangi Hijau, sebagai upaya pengendalian sampah, khususnya plastik dengan memilah sampah langsung dari rumah tangga. Program Banyuwangi Hijau merupakan kelanjutan dari Project Stop (Stop Ocean Plastics) yang sukses dijalankan di Kecamatan Muncar sejak 2018 oleh NGO PT. Systemiq Lestari Indonesia, yang didanai pemerintah Norwegia dan institusi bisnis Borealis dari Austria.

“Alhamdulillah progress konstruksi sudah mencapai 99,9 persen. InsyaAllah akan segera beroperasi,” kata Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani saat meninjau lokasi TPS 3R Balak, Senin (28/8).

Dibangun di atas lahan seluas 1,5 hektar, TPS ini nantinya akan menjangkau 33 desa di enam kecamatan. Yakni Songgon, Rogojampi, Kabat, Sempu, Genteng, dan Singojuruh.  

Dengan memiliki kapasitas mengolah sampah hingga 84 ton per hari, diperkirakan mampu memproses sampah yang dihasilkan oleh 250 ribu populasi atau sekitar 54 ribu rumah tangga per harinya.

Ipuk berharap, hadirnya TPS Balak ini bisa menjadi solusi masalah persampahan sekaligus menjadi stimulus penggerak ekonomi warga.

“TPS ini harapannya bisa menyerap banyak tenaga kerja. Sehingga warga bisa ikut mendapatkan manfaat dari kehadirannya,” ujar Ipuk.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
26:59
25:31
06:57
09:47
07:30
00:48
Viral