Pemerintah jamin biaya pemulangan jenazah korban bentrok di Taiwan.
Sumber :
  • aris sutikno

Biaya Pemulangan Jenazah Korban Bentrok Pekerja Migran Indonesia Asal Trenggalek Dijamin Pemerintah

Kamis, 7 September 2023 - 10:22 WIB

Trenggalek, tvOnenews.com - Pemerintah Indonesia menjamin akan memfasilitasi seluruh biaya pemulangan jenazah pekerja migran Indonesia yang menjadi korban kerusuhan antar perguruan silat di Taiwan.

Sementara itu, Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) mencatat, selama setahun terakhir telah sembilan kali terjadi kerusuhan silat dengan korban tewas dua orang.

Pihaknya terus mengupayakan pemulangan jenazah Jainal Fanani, warga Desa Karanggandu, Kecamatan Watulimo, Trenggalek yang menjadi korban kerusuhan antarperguruan silat di Changhua Taiwan.

Kepastian tersebut disampaikan Kepala Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Jawa Timur, Titis Wulandari, saat berkunjung ke rumah korban di Trenggalek. Pemerintah menjamin, seluruh biaya pemulangan mulai dari Taiwan hingga Trenggalek.

"Saat ini pemerintah masih menunggu proses pemeriksaan dan penyelidikan yang dilakukan oleh kepolisian Taiwan," jelasnya.

Untuk meredam kerusuhan susulan, pihaknya bersama Kementerian Luar Negeri, Kementerian Tenaga Kerja serta KDEI Taiwan melakukan pembinaan terhadap seluruh pekerja migran Indonesia, yang menjadi anggota perguruan silat.

"Kami mememinta masing-masing kelompok silat untuk menjaga perdamaian," imbuhnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral