Festival Gandrung Sewu Banyuwangi Dimeriahkan Atraksi Pesawat Tempur TNI AU.
Sumber :
  • Tim tvone - happy oktavia

Spektakuler, Festival Gandrung Sewu Banyuwangi Dimeriahkan Atraksi Pesawat Tempur TNI AU

Sabtu, 16 September 2023 - 21:18 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com - Ajang tarian kolosal Gandrung Sewu di Pantai Boom, Banyuwangi digelar spektakuler, Sabtu (16/9). Festival tahunan ini juga dibuat beda. Disela pagelaran diisi atraksi pesawat tempur dari jajaran TNI AU. 

Sejumlah pesawat tempur yang dikerahkan diantaranya jenis super tucano dan jet tempur. Seluruh pesawat ini bermanuver di atas langit lokasi festival. Atraksinya membuat warga Banyuwangi yang hadir terkagum. 

Selain pesawat tempur, ditampilkan juga atraksi paralayang dan terjun payung. Seluruhnya dilakukan personel pasukan elit TNI AU. Seluruh atraksi ini digelar bersamaan pagelaran tarian kolosal Gandrung. Kegiatan ini dihadiri langsung Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo dan Menteri PAN RB Abdullah Azwar Anas. 

Festival Gandrung Sewu tahun ini mengangkat tema "Omprog The Glory of Art". Tema ini memiliki makna mendalam. Yaitu, filosofi mahkota Gandrung yang menyimbolkan kehidupan manusia. Tarian kolosal ini diikuti 1200 penari. Mulai tingkat SD hingga SMA. Mereka menyiapkan tarian kolosal ini sejak 3 bulan lalu. 

"Festival Gandrung Sewu tahun ini benar-benar beda. Ada atraksi pesawat tempur dan terjun payung dari jajaran TNI AU. Ini luar biasa," kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani. 

Kegiatan ini tak sekadar hiburan bagi warga Banyuwangi. Namun, memberikan ruang seni bagi para siswa di Bumi Blambangan. Bahkan, pagelaran ini ikut mendongkrak ekonomi Banyuwangi. Setiap festival ini digelar, hunian hotel meningkat, pun dengan pelaku UMKM. (hoa/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:43
05:47
03:09
02:04
02:28
04:12
Viral