balita yang tercebur kuah sayur panas akan operasi di RSUD Dr Soetomo Surabaya.
Sumber :
  • tim tvone - sandi irwanto

Update Balita yang Tercebur Kuah Sayur Panas Jalani Operasi Lagi di RSUD Dr Soetomo Surabaya, Hari Ini

Senin, 25 September 2023 - 10:50 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Balita RPQ 3,5 tahun asal Ponorogo yang tercebur panci berisi kuah sayur panas, hari ini Senin (25/09) dijadwalkan menjalani operasi di RSUD Dr Soetomo Surabaya. Operasi ini merupakan operasi lanjutan yang kedua, setelah beberapa waktu lalu juga telah menjalani operasi yang pertama, Rabu (20/9).

Menurut dr Ira Handriani, Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik RSUD Dr Soetomo Surabaya,  hasil operasi pertama pada balita berjenis kelamin perempuan ini, belum berpengaruh signifikan terhadap luka bakar pasien. Meski begitu, kondisinya sudah membaik.

Balita bernasib malang yang mengalami luka bakar 37 persen ini masih terus dalam pemantauan tim medis RSUD Dr Soetomo, Surabaya. Luka bakarnya di bagian punggung hampir semuanya. Bagian pantat semuanya sampai ke paha. Perut ada area genitalia juga. Bagian kaki juga kena kuah panas.

Tim dokter akan melakukan operasi secara berkala, termasuk pada hari ini. Pada operasi kedua ini, akan dilakukan operasi debridement lagi, perbaikan jaringan kulit yang terbakar dengan cara melakukan pencakokan kulit.

“Sistemnya (pencangkokan) mengambil kulit dari bagian tubuh lain untuk menutup bagian luka. Ketebalan yang diambil level epidermis dan sebagian dari dermis diambil dan ditempelkan. Kulitnya dicangkok, selanjutnya lima hari dilihat keberhasilannya, hidup atau tidak kulitnya,” terang Ira.

Dokter Ira yang didamping sejumlah dokter lainnya, pihaknya  belum bisa memastikan berapa kali operasi serupa akan dilakukan terhadap balita asal Kota Reog ini. Pihaknya, berupaya maksimal dalam penanganan pasien ini, agar hasilnya berjalan dengan baik. (msi/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:31
02:44
03:34
06:26
09:41
20:11
Viral