200 Desa Ramaikan Pawai Budaya Penutupan Rangkaian Merdeka Heppiii.
Sumber :
  • tvOne - zainal azkhari

Lestarikan Budaya, 200 Desa Ramaikan Pawai Budaya Penutupan Rangkaian Merdeka Heppiii

Selasa, 26 September 2023 - 13:58 WIB

Surabaya, tvOnenews.com – Serentak digelar di 200 desa se Indonesia, perkumpulan masyarakat desa Merdeka Heppiii aktif membangun gapura serentak sepanjang bulan Agustus di lebih dari 200 desa tuntas se nusantara.

Kegiatan ini menjadi ajang warga desa untuk melestarikan budaya serta menambah kerukunan dan kekompakan warga yang tersebar di 17 kabupaten kota di Jawa Timur dan Kalimantan.

Di Surabaya, Koordinator Heppiii Community Ronald Theo Lesmana selaku pelaksana kegiatan Merdeka Heppiii sangat bersyukur kegiatan yang rutin dilaksanakan pada bulan kemerdekaan ini rampung digelar secara sukses dan penuh kegembiraan.

Hal lain yang sangat menonjol dalam kegiatan Merdeka Heppiii di tahun ini adalah adanya semangat dari warga desa untuk melestarikan budaya daerah setempat.

Hal ini didapatkan dari bentuk dan ornamen gapura tenyata memiliki ke unikan dan ke khasan sendiri disetiap desa meski dalam satu kecamatan sekalipun.

"Warga desa sangat antusisa setiap kegiatan di desa-desa yang tergabung dalam heppiii community, tidak hanya bentuk gapuranya saja yang unik dan beragam namun di setiap panggung hiburan,” ujarnya.

Warga desa menampilkan budaya setempat, misalnya Ludruk di wilayah desa di Surabaya, Reog Ponorogo, Jatilan, Pencak Silat, sampai kesenian Campur Sari.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
22:31
02:12
09:21
17:30
00:55
01:19
Viral