Sidang dugaan gratifikasi Bupati Sidoarjo.
Sumber :
  • khumaidi

Terungkap Mekanisme Lelang Bandeng di Sidoarjo, KPK Dalami Saldo di Rekening Senilai Rp2,6 Miliar

Rabu, 27 September 2023 - 10:03 WIB

Sidoarjo, tvOnenews.com - Perayaan Lelang Bandeng yang diadakan Pemkab Sidoarjo setiap tahunnya, ternyata memiliki saldo senilai Rp2,6 miliar. Alih-alih sebagai lelang, perayaan ini menjadi ajang untuk mengumpulkan dana bantuan atau sumbangan baik dari kalangan OPD, forkopimda, pengusaha hingga masyarakat. 

Hal itu terungkap dalam fakta persidangan atas perkara yang menjerat mantan Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah dalam dugaan tindak pidana gratifikasi yang bertempat di Pengadilan Tipikor Surabaya di Juanda Sidoarjo. Noer Rahmawati, mantan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Sidoarjo dihadirkan sebagai saksi bersama lima orang kepala dinas. Diantaranya, Ali Imron, Eks Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sidoarjo, Heri Soesanto Eks Kabag Hukum Kabupaten Sidoarjo, Sri Witarsih Eks Asisten, Ahmad Zaini Eks Sekda Kabupaten Sidoarjo dan dr. Atok Irawan Eks Direktur Utama RSUD Sidoarjo. 

Dalam kesempatan tersebut, JPU KPK mengonfirmasi saksi Ima perihal kegiatan lelang bandeng yang diadakan setiap tahunnya oleh Pemkab Sidoarjo. Dihadapan JPU, Noer Rahmawati yang akrab disapa Ima mengungkapkan bahwa dirinya pernah ditunjuk sebagai bendahara kegiatan Lelang Bandeng sejak tahun 2012. Alasannya, Ima saat itu sedang menjabat sebagai Kepala BPKAD Kabupaten Sidoarjo.

"Ketuanya saat itu Pak Wabup (Nur Achmad Syaifuddin), sedangkan sekretarisnya Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sidoarjo. Dan anggotanya, masing-masing kepala dinas," jawab Ima di hadapan Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Surabaya. 

Lebih lanjut Ima menjelaskan, kegiatan Lelang Bandeng yang sudah ada sejak dulu itu merupakan bentuk kegiatan sosial yang didukung oleh forkopimda, OPD maupun masyarakat Sidoarjo. Dalam pelaksanaannya, kegiatan Lelang Bandeng mengumpulkan sejumlah dana dari berbagai sumber dan kalangan. 

"Jadi awal itu, ada istilah penawar kehormatan. Termasuk bupati, wakil bupati, maupun jajaran forkopimda, itu penawar awal. Jadi, sesukanya beliau (menyumbang) dan masyarakat yang lagi menonton juga diperbolehkan menyumbang," kata Ima yang baru dilantik sebagai Kadis Kominfo Sidoarjo pada 7 September 2023 lalu itu.

Kegiatan lelang bandeng ini, lanjutnya memang sudah ditentukan oleh panitia. Tiga penyumbang terbesar akan menjadi pemenangnya.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
01:38
04:27
01:33
02:33
01:15
Viral