Outlet Mie Gacoan di Kediri.
Sumber :
  • tvOne - muhammad imron

SDN Banjaran 4 Kota Kediri Protes Suara Bising Exhaust Mie Gacoan Ganggu Proses Belajar Mengajar

Rabu, 27 September 2023 - 17:55 WIB

Kediri, tvOnenews.com - Proses Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) di SDN Banjaran 4 Kota Kediri terganggu dengan suara bising dari exhaust atau pembuangan dari outlet Mie Gacoan yang berada tepat di samping sekolah. Selain menimbulkan suara bising outlet Mie Gacoan juga mengeluaarkan aroma masakan yang menyengat.

"Untuk gangguan karena ada bangunan baru otomatis menambah panas di dalam kelas karena ada pantulan cahaya dari gedung Mie Gacoan, dan sangat bising didalam kelas," jelas Malik, Kepala Sekolah SDN Banjaran 4 Kota Kediri, Rabu (27/9)

Suara exhaust tersebut membuat 3 kelas dan 1 ruang guru mengalami kebisingan suara dan bau masakan. Ironisnya dengan suara bising tersebut membuat guru yang mengajar di tiga kelas itu harus menggunakan pengeras suara saat mengajar.

"Begitu jam 07.00 dinyalakan mulai bising terutama kelas 5 A itu sangat bising sekali, sehingga gurunya agak ngoyo memberi materi," imbuhnya.

Atas gangguan tersebut petugas gabungan dari DPMPTSP, DLHKP, Satpol PP, Dinas Kesehatan, PUPR, Dinas Perhubungan dan Kesbangpol Kota Kediri menindaklanjuti laporan dari SDN Banjaran 4 yang proses belajar mengajarnya sejak 7 Agustus lalu terganggu suara bising.

Petugas juga sudah melakukan uji tingkat kebisingan. Hasilnya di atas standar kebisingan yakni diatas 60 desibel, seharusnya standart kebisingan maksimal hanya 55 desibel.

Sudah melebihi batas aman yang tertera pada keputusan Menteri Lingkungan Hidup nomor 48 tahun 1996 tentang Baku Tingkat Kebisingan. (min/gol)

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral