Mobil damkar disiagakan di Gunung Lawu.
Sumber :
  • miftakhul erfan

Kebakaran Gunung Lawu Mendekati Pos Cemoro Sewu Magetan, Tiga Unit Mobil Damkar Disiagakan

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 09:52 WIB

Magetan, tvOnenews.com - Kebakaran hutan di petak 73 B RPH Sarangan BKPH Lawu Utara Gunung Lawu di Magetan, hingga Jumat (20/10) masih belum bisa dipadamkan. Bahkan api kini mengarah ke jalur pendakian di Pos 1 dan 2 Cemoro Sewu Magetan. 

Sebelumnya, upaya pemadaman dengan cara membuat dan memperlebar ilaran atau sekat bakar dari tiga meter menjadi lima meter telah dilakukan sejak dua, tiga hari terakhir, oleh ratusan personel gabungan TNI-Polri, Perhutani, BPBD dan warga, namun masih belum bisa mengatasi kebakaran. 

Ali Sukamto, Kabid Damkar Satpol PP Kabupaten Magetan mengaku, telah diperintahkan oleh PJ Bupati Magetan Hergunadi untuk menurunkan tiga unit mobil damkar ke pos Cemoro Sewu, di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan. 

“Kita diperintahkan untuk siap siaga di pos Cemoro Sewu sebagai upaya antisipasi kebakaran yang informasinya sudah masuk mendekati pos pendakian Cemoro Sewu, dan permukiman warga,” kata Ali.

Bahkan, kencangnya angin di atas gunung membuat api dengan cepat menjalar dan mengarah ke sumber air milik warga Cemoro Sewu dan Sarangan. Sehingga puluhan relawan dari warga masyarakat ditarik turun gunung, guna menghindari kejadian yang tak diinginkan. 

Sebanyak tiga mobil pemadam kebakaran, yakni satu mobil penembak air (rescue) dan dua truk tanki suplai telah disiagakan di pos pendakian Cemoro Sewu, agar langkah pemadaman cepat dilakukan jika api mulai mendekati permukiman penduduk. 

“Dengan adanya kita di sini diharapkan bisa melakukan tindakan-tindakan apa yang perlu dilakukan untuk membantu para relawan,” imbuhnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
22:31
02:12
09:21
17:30
00:55
01:19
Viral