Upaya pemadaman api di hutan produksi milik Perhutani yang terbakar.
Sumber :
  • wawan sugiarto

Lagi, Karhutla Landa Kawasan Hutan Produksi di Lumajang, Petugas Kesulitan Lakukan Pemadaman

Kamis, 26 Oktober 2023 - 10:17 WIB

Lumajang, tvOnenews.com – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali melanda kawasan hutan produksi milik Perhutani di Petak 24-I, Blok Gunung Jugo Watu Lumpang, Desa Jugosari, Kecamatan Candipuro, Rabu (25/10).

Peristiwa karhutla ini, pertama kali diketahui oleh Kepala Dusun Sumber Kajar, Ali Murtopo, sekitar pukul 15.00 WIB, saat melihat kepulan asap di atas perbukitan.

“Awalnya ada laporan kebakaran hutan, tapi lokasinya tidak jelas dimana. Makanya, tadi saya berusaha mencari tahu dan akhirnya melihat ada kepulan asap di atas Gunung Watu Lumping. Saya berusaha mendekat dan akhirnya mengetahui titik lokasi kebakaran,” kata Ali kepada tvOnenews.com.

Menurut Ali, lokasi yang terbakar terdiri dari semak belukar, daun bambu dan pinus yang kering yang terus merembet akibat hembusan angina kencang.

“Untuk penyebabnya belum diketahui, di atas itu banyak tanaman yang kering sehingga mudah terbakar apalagi kayu pinus itu mengandung getah, sehingga semakin menyulitkan pemadaman,” imbuhnya.

Bersama warga, perangkat Desa Jugosari, Perhutani dan anggota Polsek–Koramil Candipuro, langsung melakukan upaya pemadaman dengan menggunakan ranting kopi.

“Upaya pemadaman dari pukul 3 sore sampai jam 5 sore belum membuahkan hasil. Selain lokasinya yang sulit dijangkau, kita hanya menggunakan gepyok untuk memadamkan apinya, jadi sangat sulit,” terangnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:31
02:44
03:34
06:26
09:41
20:11
Viral