YKAI Jatim Bekali Anak Penyintas Korban Kekerasan di Sidoarjo dengan Bela Diri Jiu Jitsu.
Sumber :
  • tvOne - khumaidi

YKAI Jatim Bekali Anak Penyintas Korban Kekerasan di Sidoarjo dengan Bela Diri Jiu Jitsu

Minggu, 29 Oktober 2023 - 14:22 WIB

Sidoarjo, tvOnenews.com - Yayasan Kesejahteraan Anak Indonesia (YKAI) Jawa Timur membekali anak penyintas korban kekerasan di Sidoarjo dengan kemampuan bela diri Jiu Jitsu. Kegiatan yang diikuti puluhan anak berbagai usia itu digelar di Edotel, Sidoarjo.

Kegiatan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mengembalikan kondisi penyintas anak korban kekerasan, salah satunya adalah dengan membantu menumbuhkan rasa percaya diri dengan hal-hal positif melalui berbagai upaya pengembangan potensi diri.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Anak Indonesia (YKAI) Jatim, drg Satiti Kuntari, Sp.KGA (K) menyebutkan, Pelatihan anak-anak penyintas ini dilatarbelakangi adanya sikap minder dari anak-anak tersebut.

"Mereka cenderung menjauhkan diri dari pergaulan karena merasa tidak sempurna ada sesuatu atas perilaku dan trauma yang didapat, sehingga kita lakukan kegiatan pelatihan ini agar mereka dapat menumbuhkan rasa percaya diri kembali dan bangga dengan diri sendiri," ungkap drg Santiti.

Masih dikatakan drg Santiti, selain Jiu Jitsu dalam pelatihan peningkatan resiliensi dan kapasitas anak penyintas kekerasan di Sidoarjo juga terdapat pelatihan bidang sepak bola, musik, menyanyi, melukis, dan fashion show.

Sementara itu, pelatih Jiu Jitsu, Sabdo Sahono mengatakan, tidak mudah dalam melatih anak penyintas korban kekerasan. Butuh perhatian ekstra dari pelatih supaya tidak terjadi hal-hal yang mengingatkan dengan trauma kejadian dimasa lalunya.

Sabdo melanjutkan, khusus Jiu Jitsu penyintas anak korban kekerasan, teknik yang diajarkan adalah teknik proteksi seperti teknik dasar melawan, menahan menghindari, dan melepaskan tangkapan tangan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral