Aneka Kerajinan Bernilai Ekonomis.
Sumber :
  • tvOne - m habib

Limbah Konstruksi Pembangunan Smelter Freeport di Gresik Disulap Jadi Aneka Kerajinan Bernilai Ekonomis

Kamis, 2 November 2023 - 14:12 WIB

Gresik, tvOnenews.com - Limbah konstruksi proyek pembangunan smelter Freeport Indonesia di Manyar Gresik berhasil disulap menjadi aneka kerajinan unik yang bernilai ekonomis. Pengolahan limbah konstruksi itu sebagai salah satu komitmen untuk terus mengedepankan pembangunan berkelanjutan. PT Freeport Indonesia (PTFI) terus berperan aktif dalam pengelolaan limbah konstruksi dari proses pembangunan smelter, melalui Pusat Transformasi Bersama (PTB).

Untuk diketahui, sejak diresmikan pada November 2022 silam, PTB memiliki fungsi utama untuk mengelola sampah daur ulang sementara (temporary recyclable waste transfer facility) dari proyek pembangunan smelter. Fasilitas ini mengupayakan pemulihan material melalui konsep daur ulang, sehingga dapat mengurangi sampah anorganik dibuang langsung ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

PTB sendiri merupakan hasil kerja sama PTFI dengan Yayasan Takmir Masjid Manyar (Yatamam) dan PT Raya Manyar Persada (RMP), di Desa Manyarejo, Gresik, Jawa Timur.

Nana Suharna, CSR Superintendent PTFI berharap bahwa kehadiran PTB dapat memberikan manfaat sosial.

“PTB melakukan pemilahan limbah konstruksi secara langsung di lokasi pembangunan smelter, kemudian diolah di PTB. Penjualan hasil produk pengolahan limbah konstruksi yang sudah memiliki nilai tambah tersebut dilakukan oleh pihak ketiga,” ungkapnya dalam rilis, Kamis (2/11).

Adapun salah satu pengelolaan limbah konstruksi smelter Freeport yang dilakukan adalah pengelolaan besi sisa tiang pancang, kayu, dan material sisa konstruksi lainnya melalui proses upcycling untuk menjadi produk mebel.

Untuk material yang tidak dapat didaur ulang, dijual melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang telah bekerja sama dengan PTB dengan harga yang lebih murah. Dengan demikian, keuntungan yang didapat oleh BUMDes dapat digunakan untuk meningkatkan potensi UMKM di bawah binaan BUMDes dan sebagai tambahan modal usaha.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral