Seniman Joko dan wayang-wayang buatannya.
Sumber :
  • miftakhul erfan

Hari Wayang Nasional, Para Seniman Khawatir Wayang Mulai Ditinggalkan Oleh Generasi Muda

Selasa, 7 November 2023 - 19:41 WIB

Madiun, tvOnenews.com - Hari ini, 7 November diperingati sebagai hari Wayang Nasional, namun demikian tak banyak orang tahu, apalagi para generasi muda saat ini. 

Joko Suwiono (45) seorang seniman sekaligus pengrajin wayang dari limbah kayu asal Desa Mojorejo, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun mengaku khawatir akan keberadaan wayang yang merupakan salah satu seni budaya warisan leluhur, akan hilang ditelan perkembangan zaman.

“Saya sebagai pekerja seni ingin wayang ini tetap lestari bagaimanapun caranya, kalau saya dengan cara membuat wayang dari limbah kayu ini ya untuk melestarikan budaya Indonesia,” ujar Joko di rumahnya, Selasa (7/11). 

Joko mengatakan banyak generasi muda saat ini sudah banyak yang tidak mengenal wayang. Apakah wayang itu, siapa tokoh-tokoh terkenal dalam pewayangan, sehingga kondisi ini, menurutnya, harus diantisipasi dengan memberikan edukasi. 

“Saya biasanya edukasi wayang kepada anak-anak sekolah, mahasiswa, melalui kegiatan ekstra, outing class. Kita kenalkan wayang mulai tokoh hingga sejarahnya,” imbuh Joko. 

Memang untuk anak-anak muda sekarang warna adalah salah satu cara yang paling mudah untuk menarik minatnya, sehingga tertarik untuk mengenal wayang, bukan dari nama atau tokoh-tokoh pewayangan.

Kalau sampai saat ini, lanjut Joko, tokoh pewayangan yang masih banyak diminati di kalangan anak muda dan banyak pemesanannya adalah Pandawa, Punokawan, Bima, Arjuna, Krisna juga Semar.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:02
00:50
01:30
00:44
18:55
Viral