Tarian glimpang.
Sumber :
  • tvOne - m syahwan

Pertahankan Kearifan Lokal, SMPN 2 Besuk Probolinggo Terapkan Program P5

Rabu, 15 November 2023 - 15:00 WIB

Probolinggo, tvOnenews.com - Dalam rangka menerapkan kurikulum merdeka, Sekolah Menengah Pertama (SMP) 2 Besuk Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo melalui program Projek Penguatan Profil Pelajar Pencasila (P5) ini fokus menanamkan ahklak pada generasi muda sejak dini, selain melestarikan budaya kearifan lokal.

Budiono selaku Kepala SMPN 2 Besuk mengatakan, adanya P5 menjadikan satuan pendidikan inisiatif untuk meningkatkan kesadaran siswa dan siswi mengenai Pancasila sebagai dasar negara dan budaya Bangsa Indonesia, Selasa (14/11).

"Salah satu fokus tema dalam P5 adalah Gaya Hidup Berkelanjutan. Para pengajar mengajak siswa dan siswi untuk memahami pentingnya hidup berkelanjutan dan menciptakan keseimbangan antara kebutuhan manusia dan kelestarian lingkungan," katanya.

Lebih lanjut Budiono menambahkan, melalui program P5 tersebut, pihaknya dengan mudah mengetahui karakter masing-masing siswa serta berusaha mempertahankan kesenian tari glimpang sesuai dengan aslinya.

"Kami setiap pagi mengajak siswa siswi untuk melakukan tari glipang yang merupakan warisan budaya lokal Kabupaten Probolinggo di halaman sekolah, setelah itu mereka diberi pembekalan di mushola sebelum mengikuti mata pelajaran sekolah," tambahnya.

Pihaknya yakni SMPN 2 Besuk memilih tari glipang masuk dalam program P5, karena gerakan dalam tari glipang mengandung folosofi tentang sejarah dan perjuangan bangsa.

"Tarian glimpang ini murni tarian tradisional tanpa ada kolaborasi seni modern. Hal ini semata-mata untuk mempertahankan kelestarian dan ciri khas dari tari glipang itu sendiri," pungkasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral